Akhirnya! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Meluncur Perdana

Akhirnya! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Meluncur Perdana

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akhirnya telah menguji coba Kereta Cepat dengan mengoperasikan kereta inspeksi Electric Multiple Unit/Comprehensive Inspection Train (EMU-CIT) dari Bandung menuju Jakarta.

Uji coba pertama kali ini  dengan melakukan tahapan Hot Sliding Test di jaringan Overhead Catenary System (OCS) KCJB pada tanggal 19 Mei 2023.

Kemudian, uji coba kedua dilakukan pada tanggal 20 Mei 2023 dari Stasiun Tegalluar hingga Stasiun Halim.

Emir Monti, Manager Corporate Communication KCIC, menjelaskan bahwa tahapan uji coba ini merupakan bagian dari kegiatan pengujian internal yang dilakukan oleh kontraktor KCJB dengan didampingi konsultan independen, yang secara berkala melaporkan hasilnya kepada KCIC.

Hot Sliding Test dilakukan sebagai tahapan sebelum dilakukan uji coba komisioning internal dan oleh Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:Crazy Rich Asal Batang Perlebar Jalan di Desanya Pakai Uang Sendiri, Sampai Rela Habiskan 1M!

BACA JUGA:Anies Baswedan Berharap 'Keajaiban Pilgub 2017' Terulang Kembali di Pilpres 2024: 'Insha Allah'

Uji coba ini dilakukan dengan mengoperasikan EMU/CIT dari Depo Tegalluar, melalui Stasiun Tegalluar, hingga mencapai Stasiun Halim.

Tahap tersebut merupakan kelanjutan dari tahapan pengujian KCJB yang telah berlangsung secara terus-menerus, dan juga merupakan tindak lanjut dari pengaliran listrik pertama yang dilakukan ke seluruh jaringan OCS KCJB pada malam tanggal 18 Mei 2023.

Dalam uji coba Hot Sliding Test, EMU/CIT dijalankan dengan kecepatan terbatas rata-rata 60 km/jam.

Kecepatan perjalanan akan ditingkatkan secara bertahap setelah semua integrasi sistem sarana dan prasarana selesai diuji.

"Akan ditingkatkan bertahap (kecepatannya) setelah seluruh integrasi sistem sarana dan prasarana selesai dilakukan pengetesan,” kata Emir.

BACA JUGA:Jadi Pahlawan Timnas, Media Thailand Malah Sebut Ramadhan Sananta Biang Kerok Kerusuhan

BACA JUGA:Wah! Desta dan Natasha Rizki Terlihat Datang ke Pernikahan Enzy Storia Lho

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: