Prabowo dan Gibran Bicara Empat Mata di Angkringan Omah Semar Solo. Gibran Ditawari Jabatan Cawapres?

Prabowo dan Gibran Bicara Empat Mata di Angkringan Omah Semar Solo. Gibran Ditawari Jabatan Cawapres?

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, telah mengadakan pertemuan yang penting dengan para relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Angkringan Omah Semar, Solo, pada Jumat (19/5/2023). 

 

Sebelum memasuki ruangan yang tertutup, Prabowo dan Gibran menyempatkan diri untuk berbincang secara pribadi. Pertemuan berlangsung dalam suasana yang serius dan rahasia. Keduanya duduk di meja yang teratur dengan berbagai hidangan khas Solo seperti pisang rebus, kacang rebus, serabi, dan jadah bakar.

 

Saat makan bersama, mereka juga melanjutkan pembicaraan dengan serius. Di sisi lain, para relawan Jokowi yang berada di luar ruangan dengan sabar menunggu.

 

Prabowo diketahui telah dideklarasikan sebagai capres oleh Gerindra pada Agustus 2022 silam. Saat bertandang ke rumah Jokowi, ia juga menegaskan sudah ditetapkan sebagai capres dan menekankan bahwa Gerindra saat ini dalam posisi kuat. "Dan partai saya agak kuat juga sekarang," kata Prabowo.

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya terkait isu duet Prabowo Subianto dengan putranya Gibran Rakabuming Raka. Menurut dia, Gibran belum memenuhi kriteria untuk dicalonkan sebagai cawapres di Pemilu 2024. "Yang pertama umur, yang kedua baru dua tahun jadi wali kota," kata Jokowi.

 

Selain itu, Jokowi menilai usai Gibran terbilang masih muda untuk maju di Pilpres 2024 sebagai Cawapres dari Prabowo Subianto. "Yang pertama, umur, yang kedua, [Gibran] baru dua tahun jadi wali kota. Yang logis ajalah," kata Jokowi.

 

Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 pasal 169 huruf q tentang pemilihan umum, jika Cawapres minimal usainya 40 tahun, sedangkan Gibran Rakabuming berisi 35 tahun.

 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menjawab soal isu dirinya yang disandingkan dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang. 

 

Gibran menegaskan bahwa kabar tersebut hanyalah rumor semata. Sebab secara aturan ia mengatakan usianya belum mencukupi. "Ya kan rumor, wis tak jawab (sudah saya jawab) umur belum cukup," katanya.

 

Akan tetapi, nama Gibran muncul di jajaran cawapres dalam hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi Asia Timur yang digelar di Hongkong, Minggu (27/11/2022).

 

"Nama baru muncul, Gibran Rakabuming Raka. Munculnya di Hongkong 2,62 persen," ujar Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea. Gibran juga menempati posisi kesepuluh dengan perolehan 24 suara atau 2,62 persen dalam hasil Musra tersebut.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: