Jelang Idul Fitri, Harga Daging Meroket hingga Rp 150.000 per Kg

Jelang Idul Fitri, Harga Daging Meroket hingga Rp 150.000 per Kg

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Harga pangan mengalami kenaikan disejumlah daerah menjelang Lebaran ini. 

Kenaikan harga pangan terjadi pada cabai merah besar, cabai merah keriting, daging sapi kualitas 2,  serta gula pasir kualitas premium.

Pedagang daging sapi pasar tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, Muhammad Jalal mengungkapkan kenaikan harga daging sapi itu sudah terjadi sejak sepekan yang lalu. 

BACA JUGA:Anti-Mainstream, Murid SMA Ini Rombongan Study Tour Umrah ke Tanah Suci

Kenaikan harga daging sapi sudah menjadi rutinitas setiap tahun saat menjelang lebaran. 

"Harga daging sapi memang selalu naik kalau menjelang lebaran karena pembelinya pasti banyak, maka dari itu saya mengingatkan kepada para langganan untuk beli daging sapi dari minggu-minggu kemarin," ujar Jalal saat ditemui di pasar tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan Senin, 17 April 2023.

Jalal mengatakan meski harga daging sapi naik, tapi stoknya selalu tersedia dan banyak. Selain itu, kualitas dari daging sapi tersebut bagus dan dijamin terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK. 

Hal itu membuat permintaan daging sapi juga meningkat jelang Lebaran. "Misalnya yang sebelumnya beli hanya satu kilogram atau dua kilogram, sekarang rata-rata membelinya sampai 4 kilogram," ujarnya.

BACA JUGA:RESMI! FIFA Pilih Argentina Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Gantikan Indonesia

Jalal memprediksi kenaikan harga daging ayam ras segar akan semakin melonjak saat H-3 Lebaran dan H-1 setelah Lebaran, yang bisa mencapai hingga Rp 180.000 per kg. 

Oleh sebab itu, ia mengimbau para pembeli untuk segera membeli daging sebelum H-3 Lebaran. 

"Kalau H-3 sampai H-1 itu harganya bisa diprediksi Rp 180.000 per kg, seperti tahun kemarin saja harganya segitu," kata Jalal. 

Para pedagang di Pasar Pondok Labu mengatakan, untuk tren pembelian pada tahun ini meningkat, jika dibandingkan pada tahun lalu. 

Pasalnya, tahun kemarin saat sepekan menjelang Lebaran penjualan daging sapi masih sepi, tapi tahun ini sudah ramai pembeli sejak dua minggu sebelum Lebaran.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: