Ridwan Kamil Apresiasi Siswa yang Patungan Beli Sepatu untuk Temannya: 'Kita Perlu Mendukung Itu'

Ridwan Kamil Apresiasi Siswa yang Patungan Beli Sepatu untuk Temannya: 'Kita Perlu Mendukung Itu'

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat membagikan momen inspiratif oleh siswa di SMPN 3 Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Diketahui siswa tersebut rela menyisihkan uang jajannya untuk dibelikan sepatu, dan memberikannya kepada teman yang memiliki sepatu tidak layak. 

Ridwan Kamil sebagai orang nomor satu se-Jabar itu kemudian memberikan hadiah apresiasi.

BACA JUGA:Barang Thrifting Dilarang Masuk Indonesia, Ridwan Kamil: Produk Lokal Harus Jadi Tuan Rumah!

Sebuah video viral menunjukkan aksi siswa-siswa SMP di Tasikmalaya yang mengumpulkan uang untuk membeli sepatu baru bagi teman mereka yang sepatunya rusak parah dan tidak layak pakai. 

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, memberikan apresiasi atas tindakan tersebut dan memberi hadiah berupa dana pendidikan senilai Rp25 juta kepada siswa-siswa tersebut. 

"Seperti yang dicontohkan oleh anak-anak SMP di Tasikmalaya, yang patungan membelikan sepatu untuk temannya yang sudah rusak berat dan tidak mampu. Selamat ya anak-anakku sayang, kamu semua adalah teladan, melawan viralnya berita bully, viralnya tawuran, viralnya hilang etika. Dan ingat, bersemangatlah untuk selalu menjadi golongan tangan di atas," ujar Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, tindakan tersebut sangat baik dan dapat dijadikan contoh oleh masyarakat luas untuk melawan berita-berita negatif seperti tindakan bullying dan kekerasan di sekolah. 

BACA JUGA:Masjid Raya Al Jabbar Akan Ditutup Sementara Selama 2 Pekan, Ridwan Kamil Ungkap Alasannya!

"Kita perlu mendukung itu untuk mengimbangi berita-berita negatif di sekolah, melawan guru, urusan bully, urusan kekerasan dan lain-lain," jelasnya.

Siswa-siswa tersebut menjelaskan bahwa aksi tersebut dilakukan secara sukarela dan tanpa paksaan, bahkan ada orang tua yang ikut menyumbang.

Menurut pengakuan salah satu siswa, momen unik ini terjadi saat adanya ajakan membeli sepatu baru untuk membantu seorang teman karena sepatunya sudah tidak layak pakai.

“Karena sepatu dia sudah bolong. Ini inisiatif siswa sekelas. Tidak ada paksaan sama sekali dan memang tidak nyangka jadi viral. Hanya posting iseng. Tapi senang juga bisa viral. Semoga bisa jadi motivasi yang baik,” ujar Raisya salah satu siswa.

BACA JUGA:Ditanya soal Maju Pilkada DKI Jakarta, Ridwan Kamil Bilang Begini

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: