Sejumlah Parpol Tanggapi PSI Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024

Sejumlah Parpol Tanggapi PSI Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024

Ganjar Pranowo-@ganjar_pranowo-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sejumlah partai politik (parpol) menanggapi dukungan Partai Solitas Indonesia (PSI) kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Dukungan PSI terhadap Ganjar merupakan hal konstitusional parpol. UUD 1945 juga menetapkan calon presiden dan wapres hanya bisa diusung partai politik.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani. Dikatakannya, tidak ada yang salah dengan dukungan PSI terhadap Gubernur Jawa Tengah itu.

"PSI deklarasi Ganjar merupakan hal yang secara konstitusional itu tidak ada yang salah," kata Arsul Sani, dikutip dari fin.co.id, Kamis (6/10/2022).

BACA JUGA:Polisi Temukan Fakta Baru Kasus KDRT Lesti Kejora

PPP sendiri, kata Asrul Sani, masih melakukan konsolidasi internal partai dalam menghadapi Pemilu 2024, dan belum mau terburu-buru mendeklarasikan capres. Arsul mengatakan PPP.

Ditambahkannya, kemungkinan baru awal tahun depan PPP bisa mengerucutkan pasangan calon yang akan diusulkan kepada koalisi untuk diusung.

Sementara itu, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengatakan, dukungan yang diberikan parpol terhadap calon presiden merupakan bentuk dari proses demokrasi.

+++++



Dikatakan Daniel, dukungan yang diberikan PSI terhadap Ganjar Pranowo juga meruoakam bentuk dari proses demokrasi.

"Sebagai proses demokrasi ini hal yang wajar dan selamat untuk Pak Ganjar," kata Daniel, Kamis (6/10/2022), dikutip dari fin.co.id.

Daniel juga memberikan selamat kepada Ganjar Pranowo karena mendapat dukungan dari PSI.

Meski PSI belum masuk parlemen, Daniel berharap komunikasi antar partai dapat terus berjalan baik jelang pemilu 2024. Dia ingin semangat mewujudkan pemilu damai bisa terealisasi.

BACA JUGA:Komnas HAM Beberkan Hasil Investigasi soal Tragedi Kanjuruhan

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan duet Ganjar Pranowo-Yenny Wahid sangat cocok untuk memimpin Indonesia ke depan.

PSI menilai Ganjar sebagai sosok paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini sudah dilakukan Presiden Jokowi dalam memajukan Indonesia.

"Ini adalah calon presiden 2024 pilihan rakyat lewat rembuk rakyat, bukan keinginan dari elite PSI," kata Grace.

+++++



Sedangkan, Yenny Wahid memiliki semangat untuk memajukan toleransi di Indonesia. Putri Gus Dur itu juga dinilai mumpuni sebagai tokoh perempuan di kursi pemimpin.

"Mbak Yenny kami nilai konsisten melanjutkan perjuangan Gus Dur yang toleran," ujar Grace.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: