Wajib Tau! Makan Masakan Yang Digoreng Memiliki Risiko

Wajib Tau! Makan Masakan Yang Digoreng Memiliki Risiko

Memasak dengan teknik goreng, Image oleh ivabalk dari Pixabay ----

 

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Masakan yang digoreng menjadi hal yang umum salah satunya di Indonesia.

 

Cara memproses masakan dengan menggunakan minyak goreng ini, adalah cara cepat untuk mempersiapkan masakan, selain hemat secara ekonomis.

Namun yang tidak disadari banyak orang adalah, bahaya yang ditawarkan oleh masakan yang diolah dengan cara digoreng. Lalu, apa risiko makan masakan yang digoreng?

 

Pertama-tama, makanan yang digoreng umumnya menyebabkan lonjakan jumlah kalori menjadi sangat tinggi, sangat bertolak belakang dengan metode masak dengan cara dikukus.

 

Tidak cuma itu, menurut Healthline, makanan yang dimasak dengan cara digoreng, umumnya juga tinggi akan trans fat.


Trans fat sendiri menurut para ahli, dapat meningkatkan risiko orang bermasalah dengan berat badaanya, hingga risiko penyakit kronis di kemudian hari. Penyakit jantung, diabetes dan kanker adalah beberapa di antaranya.

AGAR TERHINDAR DARI DIABETES

 

Mengubah cara Anda memasak dapat menghindarkan Anda dari risiko terkena diabetes melitus. Hal ini diungkap para peneliti dari Icahn School of Medicine (ISM) di New York City, Amerika Serikat.

 

Ketika Anda menggoreng, memanggang atau membakar makanan yang Anda konsumsi, akan menghasilkan senyawa bernama advanced glycation end products (AGEs).

 

Dilansir WebMD, hasil penelitian ISM menyebutkan bahwa AGEs memiliki kaitan kuat dengan resistensi insulin, stress dan peradangan pada sel-sel tubuh, yang semuanya, adalah biang kerok dari resiko seseorang terkena diabetes.

 

Insulin sendiri adalah hormon yang berfungsi mendistribusikan gula dalam darah menuju sel tubuh guna menghasilkan energi. Tanpa fungsi insulin, atau yang dikenal dengan resistensi insulin, maka mendorong terjadinya penumpukan gula dalam darah.

 

Ketika hal ini terjadi, diabetes adalah efek yang tak terhindarkan. Komplikasi dari diabtes sendiri adalah seperti rusaknya fungsi organ tubuh seperti jantung, mata, dan ginjal itu.

 

Lalu cara memasak seperti apa yang paling aman untuk menghasilkan makanan yang aman untuk dikonsumsi?

 

Cara teraman untuk mengolah masakan, adalah dengan menggunakan metode rebus atau kukus. Dengan begitu, risiko diabetes yang ditakutkan dapat terelimir.

 

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: