Harga BBM Saat ini, Pertamax Turbo Turun Rp 2000 Perliter

Harga BBM Saat ini, Pertamax Turbo Turun Rp 2000 Perliter

Ilustrasi BBM-Foto: dok. Pertamina-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Harga BBM non-subsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite resmi diturunkan. 

Penurunan harga BBM non subsidi diumumkan oleh PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha PT Pertamina Patra. 

Adapun penurunan harga tersebut berbeda di setiap wilayah seperti di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

PT Pertamina (Persero) menyebut, bahwa mencoba melakukan penyesuaian harga BBM Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

BACA JUGA:Ferdy Sambo Masih Dipanggil Jenderal, Ini Tanggapan Kadiv Humas Polri...

Saat ini, harga BBM jenis Pertamax Turbo tercatat telah turun Rp2.000 per liter atau setara 11,17 persen menjadi Rp15.900 per liter dari sebelumnya Rp17.900 per liter. 

Kemudian, harga Pertamina Dex juga turun Rp1.500 per liter atau setara 7.93 persen menjadi Rp17.400 per liter dari sebelumnya Rp18.900 per liter.

Sedangkan, Dexlite tercatat berada pada angka Rp17.100 per liter atau turun Rp700 per liter atau setara 3,93 persen dari harga sebelumnya yang hanya Rp17.800 per liter.

+++++

Pemerintah saat ini sedang mewacanakan kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM jenis Pertelite. Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengumumkan secara resmi kenaikan harga Pertelite. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, kenaikan harga Pertalite akan diputuskan secara hati-hati. Hal ini agar tidak menurunkan daya beli masyarakat dan tak mengganggu pertumbuhan ekonomi nasional.

Ini menyangkut hajat hidup orang banyak, jadi semuanya harus diputuskan dengan hati-hati, dikalkulasi jangan sampai menurunkan daya beli rakyat, menurunkan konsumsi rumah tangga,” kata Jokowi, Selasa 23 Agustus 2022.

Jokowi mengatakan hal tersebut seusai menghadiri acara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa pekan lalu. 

BACA JUGA:Bupati Tanggamus Resmikan Jembatan Gantung Sinar Pelangi di Pekon Negara Batin

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: