Mendagri Tito Karnavian Dianugerahi Gelar Adat Melayu

Mendagri Tito Karnavian Dianugerahi Gelar Adat Melayu

Mendagri Tito Karnavian dianugerahi gelar adat melayu Jambi tingkat utama Sri Paduko Setyo Payung Negeri dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi, Provinsi Jambi--Kemendagri--

Ini sebagai bentuk menjunjung tinggi pemimpin negeri maupun pemerintahan yang tangguh serta menjadi teladan bagi masyarakat Jambi. Oleh karenanya, Mendagri dan Jaksa Agung diberikan gelar adat tersebut.

Selain itu, lanjut dia, penganugerahan gelar adat ini juga diberikan karena mempertimbangkan jasa pengabdian atau kedudukan seseorang dalam lingkungan masyarakat. Dirinya juga menyebutkan deretan nama tokoh nasional yang telah mendapat penganugerahan gelar adat melayu Jambi.

Di lain sisi, dia menjelaskan, keputusan pemberian penganugerahan gelar adat tersebut telah melalui berbagai tahapan. Hal itu mulai dari usulan lembaga adat kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Kemudian juga dibentuk tim pencari nama gelar untuk menemukan gelar adat yang tepat sesuai dengan kontribusi Mendagri maupun Jaksa Agung.

"Sampai ditetapkannya nama gelar dalam suatu Majelis Sidang Adat LAM Provinsi Jambi dan akhirnya diminta persetujuan kepada Datuk Dewan Pembina (LAM Provinsi Jambi) yakni Gubernur Jambi," ujarnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: