Tahukah Kamu, Fakta Unik Dalam Kehidupan Sehari-hari yang buat Penasaran

Tahukah Kamu, Fakta Unik Dalam Kehidupan Sehari-hari yang buat Penasaran

Iustrasi: Kucing-Pixabay/@TeamK -

3. Mengapa manusia bisa cegukan?

Menurut Smithsonian Magazine, percaya atau tidak, cegukan mungkin merupakan peninggalan evolusioner dari nenek moyang kita yang lebih mirip ikan.

Selama cegukan, otot-otot yang kita gunakan untuk menarik napas berkontraksi, sementara pita suara kita tertutup oleh lidah dan langit-langit mulut. 

Meski tidak ada tujuan yang jelas mengapa manusia dapat cegukan, tetapi pada hewan amfibi, pola pergerakan yang serupa ini sangat berguna.

+++++

Misalnya ketika bernafas di bawah air selama tahap mereka memiliki paru-paru dan insang, mereka mengambil seteguk air, menutup lubang paru-paru, dan kemudian memaksa air keluar melalui insang mereka.

4. Mengapa bus sekolah berwarna kuning?

Tahukah kamu bahwa warna kuning yang digunakan di bus sekolah, disebut secara resmi sebagai "bus sekolah nasional kuning mengkilap,". 

Tak hanya di Indonesia saja, bahkan ini menjadi standar di seluruh Amerika Serikat.

Kembali pada tahun 1939, pada sebuah konferensi oleh Rockefeller Foundation, pejabat transportasi dari 48 negara bagian saat itu menyetujui sejumlah standar keselamatan untuk bus sekolah, termasuk warnanya.

BACA JUGA:Sebut Kasus Brigadir Yosua Seperti Drama, Fadli Zon: Kalah Film India

Mereka kemudian memilih warna kuning dengan alasan itu warna yang sangat mencolok, bahkan dalam cahaya pagi atau sore hari, dan tulisan hitam dengan latar belakang kuning mudah dibaca.

5. Mengapa lampu lalu lintas berwarna merah, kuning, hijau?

Dilansir dari Thrillist, merah memiliki penjelasan paling sederhana, warna ini memiliki panjang gelombang terpanjang dari semua warna pada spektrum cahaya tampak, dan karena itu, lebih mudah dilihat dari jauh daripada warna lain.

Tahukah kamu bahwa kuning adalah pilihan asli untuk rambu berhenti? Sebelum ditetapkan merah, warna kuning ditetapkan sebagai warna berhenti karena lebih mudah dilihat daripada merah di malam hari.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: