Begini 5 Tata Cara Simpan Daging Kurban yang Benar, Jangan Sampai Salah!

Begini 5 Tata Cara Simpan Daging Kurban yang Benar, Jangan Sampai Salah!

Tata Cara Menyimpan Daging Kurban yang Baik dan Benar-Illustrasi Daging Kurban-iStock

Ketika mengalami proses pendinginan, daging akan mengalami proses rigormortis (kejang-kejang). Oleh karena itu, daging sebaiknya dimasukkan ke chiller (bagian kulkas yang bersuhu 2 hingga 5 derajat Celcius), agar proses pendinginan dapat berlangsung rata dan pembekuannya (daging dimasukkan ke freezer) juga terjadi mendadak.

“Pembekuan yang mendadak dan tidak merata bisa merusak struktur daging,” tegas Panjono.

BACA JUGA:Polisi Ringkus Pria Mesum yang Sering Onani di Transportasi Umum, Sudah Beraksi Dua Tahun Lalu?

BACA JUGA:Malaysia Juga Alami Kelangkaan Minyak Goreng, Ternyata Ini Penyebabnya!

5. Pindahkan dari freezer ke chiller terlebih dahulu sebelum diolah

Begitu juga sebaliknya ketika daging yang disimpan di freezer kemudian hendak digunakan atau dimasak. Daging sebaiknya dipindahkan dahulu ke chiller agar proses thawing (pencairan) juga dapat berlangsung perlahan dan merata sehingga struktur daging senantiasa dapat tetap bagus ketika digunakan.

“Kalau thawing-nya mendadak, biasanya struktur daging rusak dan banyak drip (air beserta isi-isi plasma sel) yang keluar,” tambah Panjono.

Panjono juga memberikan tips terkait tata cara mengolah atau memasak daging tersebut. Pertama, daging harus dimasak dengan benar dan matang. Hal ini guna membunuh bibit-bibit penyakit yang kemungkinan terdapat dalam daging.

Kedua, jika daging kurban tersebut dipanggang, seperti dibuat menjadi sate dan lain sebagainya, Panjono berpesan untuk membuang bagian-bagian yang gosong atau kerak dari tempat pemanggangan. “Bagian-bagian yang item (dari daging panggang) itu sebaiknya jangan dikonsumsi, sebab tidak bagus untuk kesehatan,” kata Panjono.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber