Simak! 7 Tanda Gejala Usus Tak Sehat, Selalu Ingin yang Manis

Simak! 7 Tanda Gejala Usus Tak Sehat, Selalu Ingin yang Manis

-ilustrasi-istimewa

"Penurunan atau kenaikan berat badan yang tidak disengaja dapat menandakan bahwa tubuh Anda tidak menyerap nutrisi, atau pola makan tidak terlalu seimbang," jelasnya.

3. Dari mual sampai asam lambung naik

Terjadinya berbagai masalah pencernaan mengindikasikan adanya masalah pada usus.

Marchese berkata, masalah pada perut ini beragam seperti asam lambung naik (refluks) hingga heartburn, mual, dan kembung.

"Masalah ini bisa merujuk pada ketidakseimbangan bakteri usus yang sehat dan dokter bisa meresepkan probiotik yang bisa meredakan masalah pencernaan. Sebagai tambahan, yogurt dan makanan lain dengan probiotik bisa mengurangi nyeri karena gas perut dan kembung," jelasnya.

4. Intoleransi terhadap makanan

Intoleransi dan alergi makanan adalah dua hal berbeda. Alergi adalah reaksi kekebalan terhadap protein dalam makanan. 

Sementara intoleransi adalah kondisi kesulitan mencerna makanan atau komponen makanan tertentu.

Intoleransi makanan tidak menimbulkan reaksi alergi, tapi menimbulkan masalah pencernaan seperti diare, kram perut, kembung, dan gas.

5. Mood berubah-ubah

Usus berhubungan dengan mood atau suasana hati. Artinya, usus yang tidak sehat bisa menimbulkan mood swing, kecemasan, hingga depresi.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Frontiers in Psychiatry menyebut, mikrobioma usus 'berkomunikasi' dengan sistem saraf, sistem endokrin, dan sistem imun sehingga mampu memengaruhi mood.

6. Iritasi kulit

Makanan tertentu memicu iritasi kulit? Jika iya, maka Anda disarankan untuk memeriksakan kesehatan usus.

Konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan gula rafinasi memicu ketidakseimbangan bakteri usus. Kondisi ini berkaitan dengan fungsi kekebalan yang tidak normal dan berkontribusi pada kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, jerawat, rosacea, dan ketombe.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: