Ini 5 Tanda Seseorang Sebenarnya Memiliki Luka Batin, Sering Tidak Disadari!

Ini 5 Tanda Seseorang Sebenarnya Memiliki Luka Batin, Sering Tidak Disadari!

Stress tekanan batin-jcomp-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dalam kehidupan ini, kita cenderung lebih memperhatikan luka fisik yang terlihat, hingga sering tidak menyadari bahwa sebenarnya ada luka batin yang tersembunyi.

Padahal luka batin juga memilki dampak yang signifikan pada kesejahteraan mental dan emosional manusia lho.

Terlepas dari seberapa kuatnya seseorang terlihat di permukaan, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sebenarnya sedang mengalami luka batin yang perlu diatasi, berikut ini tanda-tandanya.

BACA JUGA:Banyak Promo Menarik Pizza Hut Selama Bulan Juni 2024, Yuk Serbu Sebelum Kehabisan!


Tips atasi kesedihan-freepik-Freepik

1. Ada Perubahan Mood yang Signifikan

Perubahan suasana hati yang mendadak, seperti sering merasa sedih, cemas, marah, serta tidak mampu untuk merasakan kebahagiaan atau kesenangan (anhedonia), adalah tanda-tanda yang harus diwaspadai.

Seseorang yang menderita luka batin sering mengalami fluktuasi mood yang ekstrem, mereka bisa merasa sangat gembira pada satu waktu, hanya untuk kemudian jatuh ke dalam perasaan sedih atau marah secara tiba-tiba.

Selain itu, perubahan mood yang berulang dan tidak terduga ini seringkali menambah beban emosional bagi seseorang tersebut, mereka mungkin merasa terjebak dalam siklus yang tidak ada habisnya antara kebahagiaan dan kesedihan.

BACA JUGA:Ini Rekomendasi Tempat Merenung di Jakarta Selatan, Cocok Buat Tenangkan Pikiran

2. Lebih Sensitif Bahkan Pada Hal Kecil

 

Tanda-tanda seseorang memiliki luka batin lainnya adalah sensitivitas yang meningkat, sensitivitas yang tinggi membuat seseorang lebih rentan menangis karena hal-hal sepele.

Selain itu, orang yang memiliki luka batin juga cenderung mudah tersinggung dan sering mengeluh, kondisi ini terjadi karena pikiran mereka seringkali terganggu oleh pengalaman-pengalaman yang menyakitkan, sehingga reaksi emosionalnya menjadi lebih intens.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: