Kesehatan Mental Mulai Terganggu? Cobain Aktivitas Seni Ini untuk Hidup yang Lebih Berwarna

Kesehatan Mental Mulai Terganggu? Cobain Aktivitas Seni Ini untuk Hidup yang Lebih Berwarna

Kesehatan Mental Mulai Terganggu? Cobain Aktivitas Seni Ini untuk Hidup yang Lebih Berwarna---Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kesehatan mental adalah kondisi yang penting untuk menjaga kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang.

Merawat kesehatan mental akan membantu seseorang melawan stres dan depresi dengan lebih efektif.

Menurut Hindustan Times, terdapat lima terapi seni yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan mental Anda. Berikut penjelasan lengkapnya:

BACA JUGA:Kenali 3 Penyakit yang Bisa Sebabkan Kepala Sering Pusing, Gangguan Cemas Termasuk?

1. Membuat Gerabah dari Tanah Liat

Membuat gerabah dari tanah liat tidak hanya membantu melatih motorik tangan, tetapi juga mengalihkan fokus Anda ke dalam kreasi seni yang sedang Anda buat. Menyentuh tekstur tanah liat dapat menjadi sarana grounding yang membantu menenangkan pikiran dari rasa cemas dan mengalirkan energi ke dalam proses kreatif. Menciptakan sesuatu dengan tangan sendiri dapat memberikan rasa puas dan damai.

2. Melukis Sambil Mendengarkan Musik

Melukis atau membuat sketsa sambil mendengarkan musik adalah cara yang efektif untuk mengatasi gejala depresi. Kombinasi antara seni visual dan musik dapat meningkatkan mood serta merangsang kreativitas. Musik mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan dan memotivasi, sehingga merajut hubungan yang harmonis antara kedua seni ini akan membawa dampak positif bagi kesehatan mental.

BACA JUGA:Puluhan Orang di Thailand Tewas Karena Suhu Panas yang Sangat Ekstrem

3. Fotografi

Fotografi merupakan salah satu kegiatan yang bisa membantu mengatasi kecemasan dengan mengalihkan fokus pikiran pada keindahan dunia di sekitar kita. Mengabadikan momen-momen indah dalam foto dapat membantu memandang hidup dari sudut pandang yang lebih positif. Ekspresi kreatif melalui fotografi bisa menjadi terapi yang ampuh untuk mengelola stres dan kecemasan.

4. Menulis Jurnal Harian

Menulis jurnal harian atau journaling adalah salah satu cara yang efektif untuk mengungkapkan perasaan dan emosi secara terstruktur. Ketika Anda merasa sulit untuk berbagi dengan orang lain, menuangkan semua pikiran dan perasaan Anda ke dalam jurnal bisa menjadi outlet yang aman dan terapeutik. Hal ini juga dapat membantu Anda memahami diri sendiri lebih baik dan melacak perubahan suasana hati dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Drakor Terbaik yang Diperankan Song Kang, Ada Drama Terbarunya Berjudul My Demon

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: