Takut Kolesterol Akibat Makanan Lebaran? Ini Cara Mengaturnya

Takut Kolesterol Akibat Makanan Lebaran? Ini Cara Mengaturnya

Makanan khas lebaran yang tinggi akan kolesterol -jcomp-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dekatnya Hari Raya Lebaran selalu diiringi dengan berbagai hidangan lezat yang khas dan menggugah selera. 

Sebagian besar dari hidangan tersebut menggunakan santan sebagai bahan utama dalam proses pembuatannya, seperti rendang daging, opor ayam, dan berbagai macam gulai yang beragam.

Meskipun makanan-makanan ini sangat menggoda, seringkali orang sulit menahan diri atau berlebihan saat menikmatinya tanpa memperhitungkan potensi dampak buruk terhadap kesehatan, terutama terkait dengan kadar kolesterol.

BACA JUGA:GIIAS 2024 Bakal Tampil Beda, Ada Tambahan Hall Baru dan Hadir di Bulan Juli Mendatang!

Menyikapi hal ini, dr. Diana F Suganda, M Kes, SpGK, seorang spesialis gizi klinik, menjelaskan pentingnya untuk mengendalikan hawa nafsu saat menikmati hidangan khas Lebaran tersebut. 

Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, atau obesitas, penting untuk bisa mengontrol diri saat menyantap hidangan tersebut.


Gulai ikan semah khas kerinci-Istimewa---

Dokter Diana tidak sepenuhnya melarang untuk mengonsumsi hidangan-hidangan khas Lebaran yang mengandung santan, seperti rendang, opor, dan gulai. 

Namun, yang perlu diperhatikan adalah pengaturan porsi makanannya. 

BACA JUGA:Tol Rute Jogja-Solo Ruas Colomadu-Ngawen Tercatat Dilewati 5.878 Kendaraan, Ternyata Ini Faktornya

Dia menekankan bahwa mencicip atau sesekali menikmati hidangan seperti rendang masih dianggap aman untuk tubuh.

Pentingnya mengatur porsi makanan ini dikarenakan konsumsi berlebihan atau berulang-ulang dari makanan yang tinggi santan dan lemak, seperti rendang, dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. 

Misalnya, jika seseorang mengonsumsi rendang secara berlebihan sepanjang hari, dari pagi hingga sore, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan, terutama terkait dengan kolesterol tinggi atau kelebihan berat badan.

Pola makan yang benar adalah memulai hari dengan rendang di pagi hari dan diikuti oleh makanan sehat berupa berbagai olahan sayuran pada siang dan sore harinya, merupakan upaya cerdas untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol yang terpengaruh oleh konsumsi rendang.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: