Kaki Terkilir? Jangan Langsung Urut, Lakukan Ini Untuk Penolongan Pertama!

Kaki Terkilir? Jangan Langsung Urut, Lakukan Ini Untuk Penolongan Pertama!

Penanganan pertama keseleo-pvproductions-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Banyak masyarakat di Indonesia masih mempertahankan kebiasaan untuk mengatasi kaki yang keseleo dengan melakukan urut atau pergi ke tukang pijat. 

Namun, menurut dokter spesialis orthopedi dan traumatologi, dr. Liauw Roger Leo, SpOT, penting untuk diingat bahwa dalam penanganan cedera seperti keseleo, langkah awal yang krusial adalah melakukan pemeriksaan dan diagnosis yang teliti. 

Diagnosis yang tepat akan memastikan bahwa penanganan yang diberikan dapat efektif dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. 

BACA JUGA:Kamu Suka Daun Singkong? Berarti Kesehatan Bakal Menghampiri Tubuhmu, Cek 5 Manfaatnya!

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan seperti urut atau pijat, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis terlebih dahulu untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Hal ini akan membantu mengurangi risiko komplikasi serta mempercepat proses pemulihan dari cedera kaki.


Cara Mudah Antisipasi Nyeri Akibat Keseleo-mrdjrlawrence-Pixabay

Menurut penjelasan dari Dr. Liauw Roger Leo, SpOT, terdapat risiko yang signifikan terkait dengan tidak adanya penanganan yang didasarkan pada diagnosis yang tepat saat menghadapi cedera kaki. 

Risiko tersebut meliputi kemungkinan terjadinya cedera yang lebih parah atau bahkan komplikasi yang dapat memperburuk kondisi awal. 

Dengan mengabaikan proses pemeriksaan dan diagnosis yang cermat, seseorang dapat melewatkan informasi penting tentang kerusakan yang sebenarnya terjadi pada kaki pasien. 

BACA JUGA:Ingat! Buya Yahya Tegaskan Jangan Sampai Umat Muslim Lakukan Ini Setelah Subuh, Bisa Bikin Rezeki Seret

Akibatnya, penanganan yang tidak tepat dapat memperlambat proses penyembuhan dan bahkan meningkatkan risiko kerusakan jangka panjang pada struktur kaki, seperti ligamen atau sendi. 

Maka karena itu, mendapatkan diagnosis yang akurat dan mengikuti penanganan yang sesuai dengan arahan dokter atau profesional medis merupakan langkah yang sangat penting dalam memastikan pemulihan yang optimal dari cedera kaki.

"Diagnostik yang tepat itu adalah yang utama, terapi itu nanti akan mengikuti diagnostiknya. Kalau misalnya Anda cedera tanpa foto, tanpa pemeriksaan, bagaimana kita tahu patah atau enggak? Ligamennya apa enggak?" kata dr.Roger, pada hari Kamis, 29 Februari 2024.

Dokter Roger juga menjelaskan apabila salah melakukan penanganan, bisa membuat kondisi kaki yang cidera menjadi semakin parah atau fatal.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: