Apa Saja Manfaat Daun Kelor, Benarkah Bisa Mencegah Diabetes?

Apa Saja Manfaat Daun Kelor, Benarkah Bisa Mencegah Diabetes?

manfaat duan kelor-Ilustrasi-Istimewa

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sejak dahulu, daun kelor sudah dikonsumsi oleh masyarakat sebagai salah satu ramuan herbal untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam daun kelor dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dengan lebih efektif.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak daun kelor memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri, seperti Escherichia coli, Streptococcus aureus, dan Streptococcus pneumonia yang menjadi penyebab infeksi di berbagai bagian tubuh, seperti saluran pencernaan, kulit, dan paru-paru.

BACA JUGA:10 Tips Menjaga Rumah Tangga yang Dijauhkan dari Kata Perceraian

3. Menurunkan Kolesterol

Jika Anda mengalami kadar kolesterol tinggi, pertimbangkan untuk memanfaatkan kandungan daun kelor dalam menurunkan kolesterol. 

Daun kelor terbukti memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol, bahkan sebanding dengan efek yang dimiliki oleh gandum dan biji rami.

Anda dapat menambahkan daun kelor ke dalam menu makan siang Anda sebagai lalapan. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat menikmati rasanya yang sedap, tetapi juga mendapat manfaat kesehatan dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh.

BACA JUGA:8 Tips Olahraga Ringan Buat Kamu yang Punya Tubuh Obesitas

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Selain memberikan manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol, daun kelor juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula darah yang tinggi. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor secara rutin selama tiga bulan, dapat mengakibatkan penurunan kadar gula darah hingga mencapai 13,5 persen.

Selain mengkonsumsi bubuk daun kelor, Anda juga dapat mencampurkan daun kelor kering kedalam berbagai masakan untuk menurunkan kadar gula darah hingga 21 persen.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: