WASPADA! Pneumonia Mycoplasma Masuk Indonesia, Bakal Ada Pandemi Lagi?

WASPADA! Pneumonia Mycoplasma Masuk Indonesia, Bakal Ada Pandemi Lagi?

Ilustrasi demam-istimewa-google

Untuk diketahui, Mycoplasma pneumoniae adalah salah satu bakteri yang umum memicu pneumonia. Bakteri ini hanya memicu gejala ringan. Namun, pada kasus tertentu bakteri ini juga bisa memicu gejala yang lebih parah.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama menjelaskan ada dua cara mencegah penyakit tersebut. 

Pertama, memperketat perilaku hidup bersih dan sehat. Warga diimbau untuk menggunakan masker di keramaian, terutama bagi yang sedang sakit, rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga ventilasi udara, hingga menghindari asap rokok.

Cara lainnya adalah imunisasi rutin lengkap pada anak. Ia menyebut ada 15 imunisasi gratis dari pemerintah dari anak sampai dewasa, vaksin dosis 1-4 untuk Covid-19 bagi usia 18 tahun ke atas gratis di puskesmas dan RSUD terdekat, hingga anjuran vaksin influenzae berbayar mandiri untuk usia 6 bulan ke atas terutama kelompok rentan, yaitu balita, lansia, ibu menyusui, ibu hamil, dan tenaga kesehatan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: