Kapan Waktu yang Pas Memberikan Bayi Minum Air Putih?

Kapan Waktu yang Pas Memberikan Bayi Minum Air Putih?

Minum air putih bayi-@halodoc-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Banyak orang yang menanyakan pastinya kapan waktu yang pas untuk memberikan bayi kecil buah hatinya air minum putih.

Sebagaimana kita ketahui bayi berusia 0-6 bulan hanya konsumsi asi ataupun susu formula saja tidak ada gabungan lain.

Peran air putih sangat penting untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan organ tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu ginjal mengeluarkan zat beracun dan limbah melalui urine, membuat kulit tampak segar dan lembap, mendukung kerja otot dan sendi, serta mencegah dehidrasi.

BACA JUGA:Bikin SIM Online dar Rumah Tanpa Ribet, Syaratnya Ini Doang!

Memberikan air putih kepada bayi usia kurang dari 6 bulan bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti perut kembung, kurangnya minat untuk menyusu, kekurangan gizi, diare, hingga hiponatremia.

Oleh karena itu, kalian baru boleh memberikan air putih kepada Si Kecil jika ia telah berusia 6 bulan atau sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI).

Sejak usia ini, bayi memang sudah membutuhkan lebih banyak energi dan cairan dari makanan atau minuman selain ASI.

Namun, jumlah air putih yang boleh diminum tidak sebanyak orang dewasa, ya. Takaran air putih untuk bayi berusia 6 bulan ke atas hanya sekitar 60 ml atau setara 12 sendok teh.

BACA JUGA:TOK! Bukan Cuma AkuLaku, OJK Resmi Sanksi 23 Pinjol Ini di Bulan Oktober 2023

Sementara itu, bayi usia 12 bulan ke atas diperbolehkan minum air putih sebanyak 450 ml per hari atau setara 2 gelas. Takaran ini akan meningkat seiring bertambahnya usia bayi.

Bayi yang kurang dari 6 bulan dilarang diberikan air putih karna ukuran tubuh bayi yang kecil lebih berisiko mengalami kelebihan air dan ketidakseimbangan elektrolit, seperti hiponatremia, yang bisa berdampak fatal.

Kelebihan air putih ini bisa membuat bayi berisiko mengalami keracunan air.

Gejala yang timbul bila bayi mengalami keracunan air adalah muntah-muntah, kejang, penurunan kesadaran, kembung, mengantuk, dan tampak lemas.

BACA JUGA:Bikin Merinding! Ini 4 Gunung di Indonesia yang Menyimpan Banyak Kisah Mistis

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: