TOK! Bukan Cuma AkuLaku, OJK Resmi Sanksi 23 Pinjol Ini di Bulan Oktober 2023

TOK! Bukan Cuma AkuLaku, OJK Resmi Sanksi 23 Pinjol Ini di Bulan Oktober 2023

OJK---ISTIMEWA

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pinjol saat ini sangat banyak sekali digunakan oleh masyarakat di Indoensia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin ketat dalam pengawasan gerak gerik pinjaman online (pinjol)

Sederet sanksi menanti para pinjaman online (pinjol) nakal

Otoritas Jasa Keuangan telah menjatuhkan sanksi administrasi kepada 23 perusahaan pinjol atau peer-to-peer lending. Pengenaan ini terdiri atas 21 peringatan sanksi tertulis, satu pembatasan kegiatan usaha (PKU) dan satu pembekuan.

BACA JUGA:Pemenang Ballon d'Or 2023: Lionel Messi Raih Bola Emas ke-8, 'The Real GOAT'

OJK sudah menetapkan PKU ke Akulaku karena tidak melakukan pengawasan untuk perbaiki proses bisnis BNPL (buy now paylater) dan prinsip manajemen risk.

Atas sanksi pembatasan kegiatan usaha tersebut, OJK juga melarang Akulaku  menyalurkan paylater, termasuk pembiayaan skema channeling dan joint financing.

Ketua Eksekutif Pengawas Perbankan Dian Ediana Rae mengatakan bahwa sejauh ini OJK telah bertindak tegas terhadap rekening-rekening bank terkait judi online. Selanjutnya OJK pun sepakat untuk melakukan penutupan rekening-rekening terkait pinjol ilegal. 

BACA JUGA:Rendah Kalori, Simak 7 Menu Sarapan Sehat yang Bisa Kamu Coba Setiap Hari

"Akan kita lakukan supaya tak lagi berjalan [pinjol ilegal] di sistem perbankan kita," katanya dalam konferensi pers Rapat Dewan Komisioner  Senin, 30 Oktober 2023

Atas sanksi pembatasan kegiatan usaha tersebut, perusahaan oleh OJK juga dilarang untuk menyalurkan paylater, termasuk pembiayaan skema channeling dan joint financing.

Terpisah, Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga mengatakan bahwa saat ini perusahaan yang dia pimpin tengah melakukan penyempurnaan pada produk paylater. 

Dia berharap dalam waktu dekat layanan tersebut dapat beroperasi kembali.

BACA JUGA:Bikin Merinding! Ini 4 Gunung di Indonesia yang Menyimpan Banyak Kisah Mistis

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: