Awas! Rambut Sering Rontok Bisa jadi Gejala Kolestrol Tinggi, Dokter Bedah Bilang Begini

Awas! Rambut Sering Rontok Bisa jadi Gejala Kolestrol Tinggi, Dokter Bedah Bilang Begini

rambut rontok pertanda manusia mengidap kolestrol tinggi---Unsplash

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dokter bedah Harley Street Hair Clinic, Dr Zayn Majeed menyebut bahwa salah satu gejala kolesterol tinggi bisa timbul di bagian rambut.

Meski ada kemungkinan itu, tetapi biasanya masih banyak orang-orang yang tidak memahami gejala kolestrol tinggi tersebut.

Menurut Dr Zayn Majeed, kadar kolesterol yang terus meningkat salah satunya juga dapat berkaitan dengan rambut rontok.

BACA JUGA:Takut Kolestrol Naik Saat Makan Daging Kurban? Ini Tips Mecegah Kolestrol Naik!

Berdasarkan laman Daily Express, beberapa studi menunjukkan bahwa prevalensi kolesterol tinggi lebih tinggi pada pria dan wanita yang mengalami kerontokan rambut androgenic alopecia.

Kerontokan rambut ini dapat menyebabkan pola kebotakan, seperti yang diketahui melalui MedlinePlus. Dr. Majeed juga menemukan dalam sebuah studi bahwa pria dan wanita yang menderita androgenic alopecia cenderung memiliki kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol LDL yang lebih tinggi.

Selain itu, studi lain juga menunjukkan bahwa wanita dengan androgenic alopecia cenderung memiliki kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida yang lebih tinggi. Kesimpulannya, laki-laki dengan androgenic alopecia juga ditemukan memiliki pola yang sama.

Bahkan studi juga menemukan bahwa munculnya kerontokan rambut pada pria cenderung dikaitkan dengan kadar kolesterol serum yang lebih tinggi. Mereka juga memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria tanpa masalah kerontokan rambut.

BACA JUGA:Ukraina Gunakan Rudal 'Rahasia' untuk Bikin Rontok Rusia di Krimea

Dr. Majeed menilai bahwa temuan ini sejalan dengan sindrom metabolik, yang memiliki hubungan yang signifikan dengan androgenic alopecia.

Seperti yang kita ketahui, kadar kolesterol yang tinggi sering dikaitkan dengan sindrom metabolik.

Namun, Dr. Majeed mengatakan bahwa kerontokan rambut sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak faktor, bukan hanya kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami lebih dalam lagi penyebab kerontokan rambut.

BACA JUGA:KACAU! Erick Thohir Kecewa Rumput Stadion GBK Rontok Usai Konser BLACKPINK: 'Tidak Ada Event Lagi!'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: