Ingat! Penggunaan Kolagen Penting Buat Kamu yang Sudah Berusia 30 Tahun ke Atas, Ini 7 Alasannya

Ingat! Penggunaan Kolagen Penting Buat Kamu yang Sudah Berusia 30 Tahun ke Atas, Ini 7 Alasannya

Menjaga tubuh diusia tua-Ilustrasi-Pixabay

4. Menjaga Kekuatan Rambut

Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh akan menurun. Di mana, salah satu dampaknya pada wanita adalah penipisan rambut atau masalah rambut rontok. Bahkan, menurunnya kolagen di tubuh pada pria dapat menyebabkan kebotakan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda disarankan untuk memperbanyak jenis asupan yang mengandung asam amino. Di mana asam amino merupakan jenis protein yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen.

5. Meningkatkan Massa Otot dan Menjaga Kesehatan Sendi

BACA JUGA:Lupa User ID dan MPIN BNI Mobile Banking? Gak Perlu Worry Lagi, Cukup Ikuti Langkah Mudah Ini!

Manfaat kolagen berikutnya adalah dapat meningkatkan massa otot, mengingat kolagen merupakan salah satu komponen utama dalam perkembangan jaringan otot.

Selain itu, meningkatkan asupan kolagen juga bisa mengurangi gejala osteoarthritis (peradangan kronis di sendi) dan nyeri sendi secara keseluruhan. Namun, manfaat kolagen yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna mendapatkan bukti yang lebih akurat.

6. Membantu Penyembuhan Luka

Salah satu fungsi kolagen adalah membantu proses penyembuhan luka dengan cara menarik sel-sel kulit baru ke area kulit yang terluka. Dengan begitu, jaringan kulit baru akan lebih cepat pulih dan kuat. Kolagen juga bermanfaat membentuk jaringan di beberapa bagian tubuh lain, seperti ligamen, tendon, dan otot yang mengalami cedera.

BACA JUGA:Buruan Klaim Sekarang! Dapatkan Saldo DANA Gratis Senilai Rp117 Ribu, Cuan Auto Mengalir!

7. Memperlambat Pertumbuhan Uban

Kolagen berfungsi sebagai antioksidan yang berpotensi memperlambat proses pembentukan uban. Pasalnya, selain dipengaruhi oleh faktor genetik, pembentukan uban juga bisa dipercepat akibat paparan radikal bebas. Sebagai antioksidan, kolagen juga bermanfaat melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat efek radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Anda dapat meningkatkan jumlah kolagen dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti, putih telur, buah jeruk, sayuran hijau, dan lain-lain.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: