Pertamax vs Pertalite! Berbeda Oktan RON Manakah yang Paling Irit?

Pertamax vs Pertalite! Berbeda Oktan RON Manakah yang Paling Irit?

Ilustrasi Pertamina-Pertamina-

Tingkat efisiensi yang lebih tinggi ini juga menghasilkan kinerja mobil yang lebih hemat bahan bakar. Jadi, meskipun harganya lebih tinggi, Pertamax lebih irit daripada Pertalite.

Pertamax dan Pertalite memiliki sejumlah kelebihan yang perlu diperhatikan. Pertalite memiliki beberapa keunggulan, seperti proses pembakaran yang cukup sempurna, harga yang terjangkau, dan tingkat polusi yang lebih rendah dibandingkan dengan Premium.

Di sisi lain, Pertamax memiliki keunggulan utama berupa kinerja mesin yang optimal berkat tingkat oktan RON 92.

Selain itu, proses pembakarannya juga lebih efisien, menghasilkan tingkat polusi yang lebih rendah daripada jenis BBM lainnya.

BACA JUGA:Menyedihkan, Seorang MUA Dituding Colong Amplop Pengantin Padahal Faktanya Sebaliknya

Meskipun keduanya memiliki keunggulan, baik Pertalite maupun Pertamax juga memiliki kelemahan. Pertamax memiliki kelemahan utama berupa harga yang cenderung lebih mahal.

Selain itu, jika sepeda motor tidak dilengkapi dengan radiator, mesinnya mungkin akan mudah panas ketika menggunakan Pertamax.

Sementara Pertalite memiliki kekurangan berupa potensi menimbulkan knocking pada kendaraan berkapasitas mesin 125cc.

Pada kendaraan dengan oktan tinggi, BBM jenis ini juga dapat memperpendek umur komponen mesin dan cenderung lebih boros, dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi sekitar 20 persen.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Belum Tahu Rencana Pertamina untuk Menghapus Pertalite!

Itulah gambaran mengenai perbandingan antara Pertalite dan Pertamax, termasuk harga serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: