Pertamax vs Pertalite! Berbeda Oktan RON Manakah yang Paling Irit?

Pertamax vs Pertalite! Berbeda Oktan RON Manakah yang Paling Irit?

Ilustrasi Pertamina-Pertamina-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Perbandingan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) antara Pertamax dan Pertalite masih menjadi topik menarik di kalangan masyarakat Indonesia.

Hal ini salah satunya dipicu oleh rencana Pertamina menghapuskan pertamax dan pertalite pada 2024 mendatang dan menggantinya dengan bensin Pertamax Green 92.

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Pertamina, pertamax merupakan bahan bakar oktan atau RON 92. Di sisi lain, Pertamax Green 92 juga memiliki angka oktan 92 yang sama dengan pertamax biasa.

BACA JUGA:99,9 Persen Tembus PNS, Segera Belajar Mudah di Situs Soal CPNS 2023 Ini

Pertalite memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan Pertamax. Namun, apakah selisih harga ini sudah cukup untuk menentukan pilihan antara kedua jenis BBM ini? 

Sejatinya, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan, yaitu efisiensi konsumsi BBM dalam mesin.

Oleh karena itu, aspek ketahanan BBM juga menjadi pertimbangan penting dalam menentukan pilihan.

Lalu, manakah yang lebih irit antara Pertamax dan Pertalite?

BACA JUGA:Jangan Pusing-pusing! Ini Cara Mudah Beli E-Materai CPNS 2023

Salah satu alasan utamanya adalah karena Pertamax memiliki tingkat oktan yang jauh lebih tinggi dibandingkan Pertalite. 

Oktan atau RON (Research Octane Number) dari Pertamax adalah 92, sedangkan Pertalite memiliki oktan RON 90, sementara bahan bakar sebelumnya, yaitu premium, memiliki oktan RON 88.

Tingkat oktan yang tinggi ini juga mempengaruhi harga, sehingga harga Pertamax biasanya lebih tinggi daripada Pertalite dan premium.

Meskipun harganya lebih mahal, namun dari segi efisiensi, tingkat oktan RON 92 pada Pertamax membuatnya lebih irit dibandingkan oktan RON 90 pada Pertalite dan oktan RON 88 pada premium. 

BACA JUGA:Kenang Pesan Ibu di Masa Kecil, Refleksi Anies Baswedan di Depan Cermin Bikin Netizen Terharu: 'Bicara dengan Hati'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: