Pertamina Hapus Pertalite Tahun Depan, Pertamax Green Segera Diluncurkan

Pertamina Hapus Pertalite Tahun Depan, Pertamax Green Segera Diluncurkan

Ilustrasi--Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Kabar mengejutkan datang dari salah satu Perusahaan milik negara yakni Pertamina yang akan menghapus Pertalite di Indonesia.

Rencananya Pertamina akan menghapus Pertalite mulai tahun 2024, dan di gantikan dengan BBM baru yakni Pertamax Green 92.

Pertamina tidak akan menjual BBM dengan kadar oktan (RON) di bawah 91, sehingga Pertalite dengan spesifikasi RON 90 dihapuskan. Hal ini menyesuaikan dengan aturan standar emisi Euro 4 oleh pemerintah.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina akan mengganti Pertalite dengan produk baru RON 92, yaitu Pertamax Green 92. BBM baru tersebut merupakan campuran Pertalite dengan 7 persen bioetanol.

BACA JUGA:Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Minta Dukungan Jokowi Atasi Lonjakan Harga Beras!

Pada program Langit Biru Tahap 1, Pertamina telah menaikkan produk BBM subsidi dari BBM RON 88 Premium menjadi RON 90 Pertalite.

Pada 2024, program Langit Biru dilanjutkan dengan menaikkan RON 90 ke RON 92 (Pertamax).

“Karena KLHK menyatakan oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91,” kata Nicke dalam rapat tersebut.

Namun, Nicke menjelaskan, Pertamina sekaligus akan mengubah Pertamax menjadi Pertamax Green 92. Meski dengan nilai oktan yang sama.

Produk yang akan diluncurkan itu lebih rendah emisi karena dicampur dengan bioetanol dari molases tebu. Pertamax Green 92 itu dibuat dengan pencampuran antara BB RON Pertalite etanol tujuh persen atau E7.

BACA JUGA:Demokrat Segera Lakukan Manuver Usai Anies Gandeng Muhaimin

“Jadi, mohon dukungannya, kami akan keluarkan lagi yang kita sebut sebagai Pertamax Green 92. Sebetulnya ini Pertalite kita campur dengan etanol sehingga naik oktannya,” kata dia.

Dengan demikian, Nicke menuturkan, pada 2024 Pertamina hanya akan memiliki tiga produk gasoline. Yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 yang juga baru diluncurkan serta Pertamax Turbo dengan RON 98. Ihwal harga Pertamax Green 92, Nicke belum memberi penjelasan dalam rapat itu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, belum mengiyakan apakah rencana Pertamina itu akan direalisasikan tahun depan karena masih dalam pengkajian.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: