Siaga Perang Nuklir, AS Kerahkan Pesawat Siluman ke Inggris

Siaga Perang Nuklir, AS Kerahkan Pesawat Siluman ke Inggris

Jet siluman F-35 Lightning buatan Lockheed Martin. --Lockheed Martin

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Amerika Serikat (AS) berencana untuk mendeploy 54 jet tempur siluman F-35 yang punya kemampuan menenteng senjata nuklir ke Pangkalan Angkatan Udara Lakenheath (RAF) di Inggris.
 
Langkah itu dinilai sebagai pesan untuk mengintimidasi Rusia.
 
The Telegraph mengklaim mendapat kabar dari seorang pejabat militer Inggris pada Kamis (31/8) hari ini.
 
54 jet tempur F-35 AS itu rencananya akan ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Inggris (RAF) Lakenheath yang disewa oleh AS.
 
 
Rencana ini muncul setelah Angkatan Udara AS memberi indikasi bahwa pangkalan militer tersebut dapat digunakan untuk menyimpan senjata nuklir AS di Inggris.
 
F-35 memiliki kemampuan untuk melakukan serangan nuklir taktis, menjalankan misi udara-ke-udara, hingga operasi intelijen.
 
Pesawat tersebut kabarnya akan tiba pada akhir tahun ini atau pada awal 2024, dengan tujuan menggantikan pesawat F-15 yang saat ini ada di pangkalan udara tersebut.
 
Pesawat-pesawat baru itu dianggap lebih canggih karena memiliki jangkauan yang lebih luas serta mampu secara presisi menjatuhkan bom nuklir.
 
 
Sebelumnya, sekitar 110 bom nuklir AS pernah disimpan di pangkalan Suffolk sebelum tahun 2008.
 
Namun, senjata-senjata tersebut sudah dimatikan saat ancaman perang nuklir berkurang.
 
Rencana pembangunan fasilitas untuk senjata nuklir di RAF Lakenheath direncanakan akan dimulai pada Juni 2024 dan selesai pada Februari 2026. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: