740 Faskes di Jabodetabek Disiapkan Menkes Guna Menangani Kasus ISPA Akibat Dampak Polusi Udara

740 Faskes di Jabodetabek Disiapkan Menkes Guna Menangani Kasus ISPA Akibat Dampak Polusi Udara

Ilustrasi Polusi Udara Jakarta Level Kritis --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa sudah ada sebanyak 740 fasilitas kesehatan yang disiapkan di Jabodetabek untuk menangani dampak buruk dari polusi udara.

Dalam penjelasannya, Budi menjelaskan bahwa terdapat 674 puskesmas, 66 rumah sakit, dan Rumah Sakit Persahabatan yang berperan sebagai Pusat Respirasi Nasional yang telah dipersiapkan sebagai fasilitas kesehatan.

Budi menyampaikan, "Kita telah meminta organisasi profesi dan kolegium dokter spesialis paru untuk mendidik dokter-dokter puskesmas agar memahami penyakit paru, karena jika ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) dapat ditangani di puskesmas dan kita memastikan alat-alatnya juga tersedia."

BACA JUGA:KLHK Hentikan Kegiatan 4 Perusahaan yang Diduga Sebabkan Polusi Udara di Jabodetabek

Namun demikian, apabila seseorang menderita penyakit pneumonia, fasilitas puskesmas di Jabodetabek belum mencukupi untuk menanganinya.

Budi menambahkan, "Apabila kasusnya berupa penyakit pneumonia, seseorang harus pergi ke rumah sakit, dilakukan pemeriksaan rontgen, dan kita menjamin bahwa semua rumah sakit di Jabodetabek dapat menangani kasus tersebut."

Selain menyiapkan fasilitas kesehatan, Budi menjelaskan bahwa pihaknya juga melakukan kegiatan upaya promosi dan pencegahan dengan aktif.

Contohnya seperti memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tanda-tanda gejala terinfeksi penyakit ISPA.

BACA JUGA:Kemenkes Keluarkan Prokes 6M+1S ke Setiap Daerah, Guna Waspada Penyakit Akibat Polusi

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan ketika kualitas udara buruk.

"Dalam hal ini, kami memberikan rekomendasi mengenai jenis masker yang dapat menyaring PM 2,5 (standar kualitas polusi udara secara umum) karena partikel ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Jika berada di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan masker KF 94 atau KN 95. Namun, jika berada di dalam ruangan, sebaiknya menggunakan air purifier untuk membersihkan debu dari luar," jelas Budi.

Untuk menangani masyarakat yang terdampak polusi udara, sudah terdapat 674 puskesmas yang telah disiapkan.

Budi menjelaskan bahwa seluruh fasilitas ini tersebar di berbagai Kabupaten/Kota. Di DKI Jakarta terdapat 333 puskesmas, di Kabupaten Tangerang 44 puskesmas, di Kota Depok 38 puskesmas, di Kota Bogor 25 puskesmas, di Kota Tangerang 39 puskesmas, di Kabupaten Bogor 101 puskesmas, di Kota Bekasi 48 puskesmas, dan di Kabupaten Bekasi 46 puskesmas.

BACA JUGA:Ramuan Ini Dapat Lindungi Paru-Paru dari Polusi Udara yang Berbahaya, Cobain Deh!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: