Mulai 2024, Pertamina Akan Hapus BBM Pertalite dan Diganti Pertamax Green 92

Mulai 2024, Pertamina Akan Hapus BBM Pertalite dan Diganti Pertamax Green 92

Ilustrasi--Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Rencana terkait penghapusan BBM Pertalite bersubsidi dimulai tahun depan di ungkapkan oleh PT Pertamina (Persero).

Bahan bakar bersubsidi nantinya akan diganti dengan Pertamax Green 92 tetapi akan tetap memperoleh subsidi dari pemerintah

Adapun rencana tersebut dijelaskan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, di Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

BACA JUGA:Buruan Daftar! Pertamina Buka Banyak Lowongan Pekerjaan Nih, Info Loker Agustus 2023

Nicke mengungkapkan, rencana penghapusan itu adalah bagian dari program Langit Biru dalam rangka emisi gas rumah kaca. Pada program Langit Biru Tahap 1, Pertamina sudah meningkatkan produk BBM subsidi dari BBM RON 88 Premium menjadi RON 90 Pertalite. 

“Jadi di 2024, kita akan lanjutkan sesuai rencana program Langit Biru Tahap 2, yang mana BBM bersubsidi kita naikkan dari RON 90 menjadi RON 92 (Pertamax), sebab KLHK mengungkapkan oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimum 90,” tutur Nicke dalam rapat tersebut. 

Namun, Nicke mengungkapkan bahwa, Pertamina berencana akan mengubah Pertamax menjadi Pertamax Green 92. Meski dengan nilai oktan yang sama, produk yang akan diterbitkan itu lebih rendah emisi sebab dicampur dengan bioetanol dari molases tebu. 

Adapun Pertamax Green 92 itu dibuat dengan pencampuran antara BB RON Pertalite etanol tujuh persen atau E7. 

BACA JUGA:PT Pertamina Buka 261 Lowongan Baru, Ada Buat Fresh Graduate?

“Jadi, mohon dukungannya, kami akan keluarkan lagi yang kita sebut sebagai Pertamax Green 92. Sebetulnya ini Pertalite kita campur dengan etanol sehingga naik oktannya,” tuturnya. 

Dengan demikian, Nicke mengungkapkan, pada 2024 Pertamina hanya akan mempunyai tiga produk gasoline seperti Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 yang juga baru diterbitkan serta Pertamax Turbo dengan RON 98. Terkait harga Pertamax Green 92, Nicke belum menerangkan lebih detail.

Akan tetapi, bercermin dari produk Pertamax Green 95 yang baru diterbitkan, harga cukup kompetitif dan termurah yang ditetapkan dibandingkan RON 95 dari SPBU lain.

“Kompetitor jual RON 95 juga, namun RON 95 kami green, tentu ini posisi yang baik dan sangat kompetitif,” tuturnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: