OJK Ingatkan Bahayanya Hutang Pinjol, Bisa Merusak Masa Depan!

OJK Ingatkan Bahayanya Hutang Pinjol, Bisa Merusak Masa Depan!

Ingin Melakukan Pinjol Namun Data Takut Disalahgunakan? Pahami Caranya Berikut Ini Biar Aman--Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dengan adanya kejadian gagalnya 5 orang lulusan baru (fresh graduate) yang ditolak lamaran kerja gara-gara kredit macet yang populer belum lama ini Otoritas Jasa kejadian ini bisa menjadi pelajaran untuk para lulusan pencari kerja.

Kejadian ini bisa mengembangkan kesadaran anak muda untuk tidak main-main dengan hutang online atau pinjol.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi.

BACA JUGA:Warga RI Makin Gemar Pinjol, Kredit Macet Meroket Gegara Py Later!

Menurutnya, apalagi sistem buy now pay later (BNPL) yang telah terhubung dengan sistem layanan informasi keuangan (SLIK).

Sehingga jika memiliki tunggakan, akan berpengaruh terhadap credit score masyarakat.

Kemudian menurut perempuan yang akrab disapa Kiki itu menjelaskan sistem layanan informasi keuangan (SLIK) OJK bisa menampilkan riwayat kredit seseorang dengan lengkap.

Caranya hanya tinggal memasukkan NIK di KTP untuk bisa mengakses data SLIK seseorang.

BACA JUGA:Hati-hati Pinjol! Kredit Macet Bisa Bikin Susah Dapet Pekerjaan

"Jadi anak-anak muda tuh aware, oh iya jangan main-main utang online 'abis itu aku ganti nomor, udah ngga bisa ditagih'. Ngga gitu. Karena kalau udah pake KTP semuanya tuh akan masuk semua di SLIK ya," tuturnya belum lama ini, dilansir pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Kiki menjelaskan telah banyak kasus anak muda terjerat hutang online atau pinjol. Ada juga fresh graduate yang mengajukan pinjaman untuk membeli barang ketika menunggu saat wisuda.

"Makanya kan kadang-kadang anak-anak sekolah itu konsumtif, banyak dengar cerita-cerita dari teman atau anaknya tuh sambil menunggu wisuda iseng-iseng. Pake pay later kemudian akhirnya dari utangnya berapa jadi berkembang banyak, akhirnya akan mencari kerja malah susah dan lainnya," tutur Kiki.

Maka dari itu, Kiki mengingatkan betapa pentingnya mengecek SLIK ketika hendak melamar kerja.

BACA JUGA:Intip Ciri-ciri Pinjol Legal yang Sudah Dijamin Terdaftar di OJK!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: