Fenomena Aneh! Antartika Kehilangan Es Laut Seukuran Negara Argentina, Para Ilmuwan Kebingungan

Fenomena Aneh! Antartika Kehilangan Es Laut Seukuran Negara Argentina, Para Ilmuwan Kebingungan

Es Laut di Antartika Sebesar Negara Argentina Hilang!-SarahNic-Pixabay

BACA JUGA:Kerata Cepat Jakarta-Bandung Gagal Beroperasi Bulan Agustus 2023 Ini, Ini Penyebabnya!

BACA JUGA:Prabowo Sebut Rocky Gerung Keliru Menilai Presiden RI: 'Saya Melihat Pak Jokowi dari Dekat...'

“Namun, tingkat variasi [saat ini] ini sangat ekstrim sehingga sesuatu yang radikal telah berubah dalam dua tahun terakhir, tetapi terutama tahun ini, relatif terhadap tahun-tahun sebelumnya setidaknya 45 tahun yang lalu," paparnya.

Antartika adalah benua yang terletak di Kutub Selatan Bumi dan sebagian besar wilayahnya tertutup oleh lapisan es yang sangat tebal.

Benua ini memiliki beberapa keanehan dan fakta menarik:

1. Kutub Dingin Terdalam: Antartika adalah salah satu tempat terdingin di Bumi. Pada tanggal 21 Juli 1983, stasiun penelitian Soviet Vostok mencatat suhu terendah yang pernah tercatat di permukaan bumi, yaitu sekitar -128.6 derajat Fahrenheit (-89.2 derajat Celsius).

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja BUMN 2023: PT Mandiri Tunas Finance Terbuka Untuk Semua Jurusan!

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja Bank Muamalat Posisi CS dan Teller: Lulusan SMA Boleh Ikut Mendaftar, Begini Caranya

2. Banyaknya Es: Sekitar 98% dari permukaan Antartika tertutup oleh es yang sangat tebal dan membentuk lapisan es yang dalamnya mencapai ribuan meter. Ini adalah lapisan es terbesar di dunia, dan jika semua es di Antartika mencair, akan menyebabkan kenaikan permukaan laut global sekitar 58 meter.

3. Sungai Es: Meskipun tampak tidak mungkin, Antartika memiliki sistem sungai dan danau es di bawah lapisan esnya. Beberapa danau di bawah es bahkan telah ditemukan memiliki ekosistem mikroba yang hidup dalam kondisi yang ekstrem.

4. Aurora Australis: Antartika adalah salah satu tempat terbaik untuk mengamati aurora australis, atau "cahaya selatan". Fenomena ini terjadi ketika partikel bermuatan dari matahari bertabrakan dengan atmosfer Bumi dan menghasilkan tampilan cahaya yang spektakuler di langit malam.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: