GERAH POL! China Dilanda 'Cuaca Neraka' Suhu Panas Ekstrem 52,2 Celcius

GERAH POL! China Dilanda 'Cuaca Neraka' Suhu Panas Ekstrem 52,2 Celcius

Ilustrasi suhu panas-Stok Gambar-Capture Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sanbao, sebuah kota terpencil yang berada di Tiongkok bagian barat laut mencatat suhu udara melampaui 52 derajat Celcius. 

Angka itu mencetak rekor terbaru di Tiongkok, yang masuk kategori cuaca panas ekstrem. Sebelumnya, Tiongkok berjuang melawan cuaca 50 derajat Celcius pada 2015 silam.

Rekor suhu terpanas diperkirakan akan bertahan hingga minggu depan. Hal itu tentu mengganggu aktivitas warga kota.

BACA JUGA:JANGAN SAMPAI LOLOS! Garuda Diskon Tiket Hingga 80 Persen, Catat Rutenya Segera

China tidak asing dengan perubahan suhu yang tiba-tiba sepanjang musim. Namun pergeseran suhu baru-baru ini lebih meluas, bahkan lebih ekstrem. 

Paparan yang terlalu lama terhadap suhu tinggi di China telah mengganggu jaringan listrik dan mengganggu tanaman pertanian.

Selain itu, masyarakat semakin khawatir akan kemungkinan terulangnya kekeringan tahun lalu yang tercatat sebagai kekeringan terparah dalam 60 tahun terakhir. 

Sejak April, negara-negara di Asia dilanda suhu panas yang memecahkan rekor. Ini memicu kekhawatiran tentang kemampuan warganya beradaptasi dengan iklim yang berubah dengan cepat.

BACA JUGA:Kisah Mengharukan, Tradisi Potong Jari dari Suku Dani yang Kini Mulai Nyaris Punah!

Serangan suhu tinggi yang berkepanjangan di China menjadi tantangan tersendiri bagi jaringan listrik dan tanaman. Kekhawatiran meningkat tentang kemungkinan terulangnya kekeringan tahun lalu, yang paling parah dalam 60 tahun.

China tidak asing dengan perubahan suhu yang dramatis sepanjang musim, tetapi perubahan tersebut semakin meluas. 

Pada 22 Januari, suhu di Mohe, sebuah kota di provinsi Heilongjiang timur laut, turun hingga minus 53°C. Suhu itu memecahkan rekor terendah sepanjang masa di China sebesar minus 52,3°C yang ditetapkan pada 1969.

Sejak saat itu, hujan terberat dalam satu dekade melanda China tengah, merusak ladang gandum di daerah yang dikenal sebagai lumbung negara. 

BACA JUGA:Aneh Tapi Nyata, 4 Suku Ini Punya Tradisi Seks di Luar Nalar: Ada yang Sampai 'Duel Fisik'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: