Benarkah Gula Bisa Sebabkan Gigi Jadi Sakit? Cek Faktanya

Benarkah Gula Bisa Sebabkan Gigi Jadi Sakit? Cek Faktanya

Sakit Gusi Bisa Jadi Pertanda Kadar Gula Darah Buruk, Simak Penjelasannya.. --Pixabay--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Gula adalah makanan umum dalam makanan. Gula ini sering digunakan orang, terutama saat mereka makan kue atau makanan penutup lainnya.

Namun, gula bisa berdampak buruk bagi gigi, dan juga bisa menyebabkan gigi berlubang.

Kami akan membahas bagaimana gula memengaruhi gigi Anda dan memengaruhi kesehatan mulut Anda serta cara terbaik untuk mencegahnya terjadi.

BACA JUGA:Jeruk Nipis Bisa jadi Obat Herbal Pereda Pilek? Begini Penjelasannya

1. Gula Menarik Bakteri Jahat di Mulut Anda

Gula menarik bakteri jahat di mulut Anda. Bakteri tumbuh lebih cepat dan dapat menyebabkan kerusakan gigi atau penyakit gusi. Gula adalah salah satu hal yang mendorong pertumbuhan bakteri tersebut. Berapa banyak gula yang Anda gunakan dalam diet Anda juga memengaruhi hal ini. Menggunakan terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan gigi atau penyakit gusi serta banyak masalah gigi lainnya seperti sakit gigi, pendarahan, dan bau mulut. Gula menyebabkan gigi berlubang karena memberi makan bakteri jahat di mulut Anda.

2. Bakteri Jahat Membentuk Plak Gigi Lengket Yang Menempel Pada Gigi Anda

Gula dapat menyebabkan gigi berlubang karena menarik bakteri jahat, dan bakteri tersebut membentuk plak gigi yang lengket. Ketika Anda makan makanan manis, Anda meningkatkan jumlah bakteri di mulut Anda. Bakteri ini menghasilkan plak gigi lengket yang menempel di permukaan gigi dan membentuk lapisan keras. Itu tidak hanya melekat; itu menciptakan lubang di gigi Anda juga.

BACA JUGA:Apa Sih Perbedaan Cinta dan Kasih Sayang?

3. Plak bakteri menempel pada gigi Anda dan membentuk lapisan keras dari waktu ke waktu. Saat Anda mendapatkan tambalan, dokter gigi menghilangkan lapisan bakteri dan mengisi lubang dengan semen atau logam.

4. Gula Mengurangi pH di Mulut Anda

Gula juga mengurangi pH di mulut Anda. Dengan kata lain, itu membuat asam di mulut Anda lebih kuat. Semakin banyak gula yang Anda makan, semakin kuat asamnya. Asam inilah yang menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan gigi. Gula juga bisa membuat gusi Anda kendur terlalu banyak dan mengekspos akar gigi Anda. Ini memudahkan bakteri jahat masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan infeksi atau masalah gigi lainnya.

5. Gigi Bayi Dipertaruhkan

Minuman manis sangat digemari anak-anak karena rasanya yang manis. Namun minuman tersebut dapat menyebabkan kerusakan gigi bahkan pada gigi bayi Anda. Gigi bayi mereka lebih rentan terhadap gigi berlubang. Itu sebabnya Anda harus menghindari pemberian minuman manis ini kepada anak-anak Anda karena meningkatkan risiko gigi susu mereka berlubang sebelum tumbuh dan rontok secara alami.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: