Wow Penemuan Baru! NASA Bisa Ubah Air Kencing Manusia 98 Persen jadi Bisa Diminum, Bersih

Wow Penemuan Baru! NASA Bisa Ubah Air Kencing Manusia 98 Persen jadi Bisa Diminum, Bersih

NASA Ciptakan Gagasan mendaur ulang urin untuk membuat air minum bersih---Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - NASA berhasil mendaur ulang urin untuk membuat air minum bersih.

Badan federal mengumumkan astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional telah mampu memulihkan 98 persen air yang dibawa kru ke luar angkasa dengan mendaur ulang segala sesuatu mulai dari urin hingga keringat.

Saat NASA bersiap untuk misi yang lebih lama, termasuk ke bulan dan berpotensi lebih jauh para insinyur telah bekerja untuk memastikan kebutuhan dasar astronot terpenuhi tanpa misi pasokan ulang, termasuk cara mendaur ulang makanan, udara, dan air.

BACA JUGA:Balita di Samarinda Positif Narkoba setelah Diberi Air Minum oleh Tetangga, Tim Reaksi Cepat PPA Kalimantan Timur Turun Tangan!

Ini juga membantu memastikan setiap anggota kru memiliki rata-rata satu galon air yang mereka butuhkan per hari untuk diminum, digunakan untuk menyiapkan makanan, dan untuk tujuan higienis, termasuk menyikat gigi.

"Ini adalah langkah maju yang sangat penting dalam evolusi sistem pendukung kehidupan," kata Christopher Brown, anggota tim di Johnson Space Center yang mengelola sistem pendukung kehidupan stasiun ruang angkasa dikutip dari laman abc7news.

"Katakanlah Anda mengumpulkan 100 pon air di stasiun. Anda kehilangan dua pon dari itu dan 98% lainnya terus berputar-putar. Mempertahankan aliran itu adalah pencapaian yang sangat luar biasa," sambungnya

Daur ulang dilakukan melalui Sistem Kontrol Lingkungan dan Pendukung Kehidupan, atau dikenal sebagai ECLSS, yang merupakan sistem perangkat keras yang menyediakan udara dan air bersih ke ISS.

BACA JUGA:Ganjar Pamer Duduk Santai Bareng Ulama Tersohor di Banten, Kubu Anies Kepanasan: 'Ini Politik Identitas!'

Bagian dari ECLSS adalah Sistem Pemulihan Air yang menghasilkan air minum. Satu komponen menggunakan penurun kelembapan canggih yang menangkap kelembapan yang diciptakan oleh napas dan keringat kru, yang diubah menjadi air minum.

Komponen lainnya mengolah urin terlebih dahulu dan kemudian menggunakan teknologi untuk menyaringnya menjadi air yang dapat didaur ulang.

Akan tetapi penyulingan ini masih menyisakan air asin urin, produk sampingan yang menurut NASA masih memiliki air yang dapat digunakan kembali.

Di sinilah Brine Processor Assembly berperan untuk mengekstrak air yang tersisa dari brine.

BACA JUGA:Ngeri! Kata Ilmuwan, Negara-Negara ini Bakal Jadi

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: