Pembangunan IKN Buat Apa Sih Pak Jokowi? Begini Jawaban Orang Nomor Satu di Indonesia

Pembangunan IKN Buat Apa Sih Pak Jokowi? Begini Jawaban Orang Nomor Satu di Indonesia

-@Jokowi-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) merasa bingung karena terus menerus ditanya tentang tujuan dari pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Namun, Jokowi menyebut bahwa sebenarnya pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur bukanlah tanpa alasan yang jelas.

Ada alasan yang kuat mengapa pemerintah saat ini memutuskan untuk memindahkan ibu kota ke darah Kalimantan.

BACA JUGA:Tok! Presiden Jokowi Resmi Naikkan Tukin PNS BPKP, Bappenas, KemenPANRB, Jadi Segini Nominalnya!

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat menghadiri acara bertajuk 'Indonesia Emas 2045: Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan' pada Kamis, 15 Juni 2023.

"IKN Nusantara, ibu Kota Nusantara banyak yang tanya saya, 'untuk apa sih pak?'," papar Jokowi.

Menurut Jokowi, Pulau Jawa sudah sangat padat penduduk karena tercatat 56 persen berada di sana apalagi yang paling penuh ada di Jakarta,

Lalu Jokowi menilai jika pertumbuhan ekonomi rata-rata nasional Indonesia di atas 5 persen perlu adanya pemerataan penduduk.

BACA JUGA:Banjir Pujian, Aksi Jokowi Perbaiki Mic Putri Ariani di Istana Merdeka Bikin Salfok Netizen: 'Belum Siap Ganti Presiden'

Terlebih aktivitas ekonomi regional akan sangat berpengaruh terhadap pemerataan jumlah penduduk sampai bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi skala nasional.

"56 persen penduduk kita ada di Jawa, berarti 149 juta dari 17 ribu pulau itu 149 juta itu ada di Jawa. Itu perlu pemerataan," jelas Jokowi.

"GDP ekonomi kita 58 persen itu juga ada di Jawa, yang 17 ribu pulau lainnya diberi bagian apa? Beban Jakarta sudah sangat terlalu padat sekali," lanjutnya.

Lebih lanjut, Jokowi menilai sudah sangat banyak aktivitas masyarakat Indonesia di Jakarta seperti pendidikan, pariwisata, bisnis, ekonomi, hingga pemerintahan.

BACA JUGA:Jokowi Beri Semangat atas Kemenangan Putri Ariani Meraih Golden Buzzer di America's Got Talent!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: