Tak Kunjung Kenalkan Cawapres, Anies Diultimatum Demokrat

Tak Kunjung Kenalkan Cawapres, Anies Diultimatum Demokrat

Anies Baswedan.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat sedang mempertimbangkan kembali dukungan mereka terhadap Anies Baswedan jika dia tidak segera mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) pada bulan Juni.
 
"Kalau Juni belum deklarasi berpasangan, kemungkinan Demokrat akan mengevaluasi," ucap Kepala Bappilu DPP Demokrat Andi Arief, Senin (5/6).
 
Andi mengakui adanya tren penurunan elektabilitas Anies dalam beberapa hasil survei. Hasil survei terbaru dari Indikator menunjukkan tren penurunan tersebut.
 
Dalam simulasi tiga nama menurut survei tersebut, Prabowo Subianto mendapatkan persentase tertinggi dengan 38 persen. Diikuti oleh Ganjar dengan 34,2 persen, Anies dengan 18,9 persen, dan 8,8 persen lainnya tidak tahu atau tidak menjawab.
 
Andi percaya bahwa penurunan elektabilitas Anies disebabkan oleh kegagalan dalam mengumumkan cawapres.
 
 
"Usul kepada Pak Anies agar bulan Juni ini segera dideklarasikan agar tidak semakin dalam jaraknya, makin jauh jaraknya," kata dia.
 
Andi yakin bahwa deklarasi cawapres akan semakin memperkuat keinginan masyarakat terhadap perubahan, dan hal ini diperkirakan dapat meningkatkan elektabilitas Anies.
 
"Partai maupun mereka yang mau perubahan itu yakin dan mulai bergerak dan menaikkan kembali elektabilitas Pak Anies," kata dia.
 
Hingga saat ini, Anies belum mengungkapkan kapan akan mengumumkan cawapresnya yang akan mendampinginya di Pilpres 2024.
 
Dia juga enggan menyebutkan kriteria cawapresnya seperti apa.
 
 
Ketua DPP NasDem, Willy Aditya, mengatakan bahwa sebenarnya Anies sudah memberitahu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, tentang calon wakil presiden yang dipilihnya di Pacitan, Jawa Timur.
 
Selanjutnya, Anies akan memberikan kabar serupa kepada petinggi NasDem dan PKS.
 
Willy mengatakan bahwa deklarasi cawapres secara resmi akan dilakukan paling lambat pada tanggal 16 Juli mendatang.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: