Survei SMRC Terbaru: Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul dari Prabowo dan Anies

Survei SMRC Terbaru: Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul dari Prabowo dan Anies

Ganjar Pranowo.-@ganjar_pranowo-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei elektabilitas nama tokoh yang akan maju di Pilpres 2024 mendatang yang bertajuk 'Evaluasi Kinerja Presiden dan Pilihan Capres 2024 di Pemilih Kritis'. 

Hasilnya mengatakan bahwa Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam pemaparan secara daring di Jakarta pada Minggu, 28 Mei 2023.

BACA JUGA:Lembaga Survei Jakarta (LSJ): Elektabilitas Prabowo Subianto Mampu Gantikan Presiden Jokowi di Pilpres 2024

Deni Irvani menyebut selisih hasil survei Ganjar dan Prabowo sangat tipis, sementara Anies berada di posisi ketiga.

"Ganjar dan Prabowo bersaing ketat memperebutkan urutan teratas, sementara Anies di urutan ketiga dengan selisih suara signifikan dengan Prabowo dan Ganjar," ujar Deni Irvani pada Senin, 29 Mei 2023.

Deni Irvani menjelaskan elektabilitas Ganjar naik dari 31,1% menjadi 35,9%. Sementara Prabowo naik dari 29,7% menjadi 32,8%. 

Sedangkan, elektabilitas Anies merosot dari 29,7% di survei Desember 2022 menjadi 20,1% pada survei terakhir 23-24 Mei 2023. Dan 11,3% responden memilih tidak menjawab. 

BACA JUGA:Erick Thohir Tegaskan Harga Tiket Indonesia vs Argentina yang Beredar di Medsos Hoax: Insha Allah Besok Diumumkan

Adapun, survei ini dilakukan pada tanggal 23-24 Mei 2023 yang dilakukan dengan menggunakan telepon. Deni menjelaskan pemilih kritis adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik karena mereka memiliki telepon dan bisa mengakses internet.

Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). Survei ini dilakukan sebanyak 915 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: