Pecahan Uang Rupiah Baru Dianggap yang Terbaik di Dunia, Apa Istimewanya?

Pecahan Uang Rupiah Baru Dianggap yang Terbaik di Dunia, Apa Istimewanya?

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Asosiasi Urusan Mata Uang Internasional (International Association of Currency Affairs/IACA) menobatkan uang Rupiah baru sebagai seri uang kertas terbaik pada Currency Award ke-17 yang diselenggarakan di Meksiko pada Selasa, 16 Mei 2023.
 
Penghargaan tingkat Internasional itu diberikan kepada uang Rupiah tahun emisi (TE) 2022, yang terdiri dari tujuh pecahan yakni Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.
 
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, mengatakan, uang Rupiah berhasil mengalahkan empat finalis lainnya yaitu Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas.
 
Penilaian pemenang didasarkan pada kriteria inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang terkait dengan negara penerbit, efektivitas integrasi fitur keamanan, serta estetika tampilan dan desain uang kertas.
 
Erwin menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan dari dunia Internasional terhadap kualitas uang Rupiah Indonesia. Prestasi ini juga merupakan kelanjutan dari pencapaian sebelumnya, di mana uang peringatan kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia pecahan Rp75 ribu berhasil menjadi finalis dalam kategori uang peringatan terbaik pada Currency Award tahun 2022.
 
"(Uang) dicetak seluruhnya di dalam negeri oleh Perum Peruri," kata Erwin.
 
Currency Award IACA adalah penghargaan yang diberikan untuk menghargai perkembangan dan inovasi di sektor pembayaran tunai yang melibatkan 29 negara pada tahun 2023. Acara penghargaan ini diadakan di Kota Meksiko.
 
"Puncak penghargaan ini dikemas dalam konferensi yang diadakan di Kota Meksiko," kata Erwin.
 
IACA didirikan pada tahun 2004 dan berkedudukan di Texas, Amerika Serikat. Organisasi nirlaba ini mendorong kualitas dalam siklus uang tunai, berfungsi sebagai wadah konsultasi dan kolaborasi bagi para pelaku sistem pembayaran tunai. Keanggotaannya terdiri dari bank sentral, otoritas penerbit uang, perusahaan pencetakan uang, dan pemasok bahan pencetakan uang.
 
Uang Rupiah TE 2022 diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022, yang juga merupakan momen peringatan 77 tahun kemerdekaan RI. Uang ini dicetak di dalam negeri oleh Perum Peruri. Tema yang diusung adalah "Bersatu Dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI" dengan menampilkan Pahlawan Nasional, ragam budaya, dan lanskap Nusantara.
 
Uang Rupiah ini memiliki berbagai inovasi dan penguatan pada aspek desain, fitur keamanan, dan bahan uang untuk meningkatkan keindahan, keamanan, dan ketahanan uang Rupiah.
 
"Uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan sebagai alat pembayaran yang sah dan simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkas Erwin.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: