Tahukan Kamu? Lensa Kontak Mengandung Tingkat Bahan Kimia yang Bahaya, Bisa Jadi Penyebab Kanker!

Tahukan Kamu? Lensa Kontak Mengandung Tingkat Bahan Kimia yang Bahaya, Bisa Jadi Penyebab Kanker!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Penelitian baru mengungkapkan bahwa banyak lensa kontak lunak terdiri dari senyawa yang terkait dengan sejumlah masalah kesehatan termasuk kanker, penyakit hati dan ginjal, gangguan autoimun, dan masalah kesuburan.

Fluoropolimer secara definisi digambarkan sebagai PFAS atau "bahan kimia selamanya" dan beberapa lensa kontak ditemukan memiliki tingkat flueronik organik yang sangat tinggi, penanda PFAS, di masing-masingnya.

Mereka disebut "bahan kimia selamanya" karena tidak terurai secara alami, dan ditemukan dalam produk konsumen yang tahan air, noda, dan panas.

BACA JUGA:Resep Es Buah Khas Manado yang Manis Legit, Minuman Seger Disaat Cuaca Panas!

Melansir info dari NYPost, peneliti dari sejumlah universitas Amerika termasuk North Carolina State University menguji 18 pasang lensa kontak lunak yang berbeda untuk melihat apakah mengandung PFAS. Setidaknya setengahnya adalah lensa harian.

Pengujian, ditugaskan oleh blog kesehatan masyarakat Mamavation dan Environmental Health News dan dilakukan di laboratorium yang disetujui EPA, mencari jejak flourine organik dalam lensa dengan merek Acuvue, Alcon dan Coopervision.

Scott Belcher, seorang peneliti North Carolina State University, mengatakan kepada The Guardian "Anda dapat menganggap lensa ini hampir murni PFAS."

Flourine terdeteksi antara 105 bagian per juta (ppm) hingga 20.700ppm.

BACA JUGA:Diimingi Janji Manis Sopir Odong-odong, Remaja 17 Tahun Disetubuhi Hingga Hamil

Ini berarti semua lensa kontak yang diuji melebihi 100 ppm, yang setara dengan 100.000.000 ppt, atau 50.000 kali lebih banyak dari tingkat tertinggi yang dianggap aman dalam air minum oleh EPA.

Tiga lensa dengan jumlah fluor organik tertinggi adalah Alcon Air Optix (Tanpa Hydraglide) untuk Silindris (20.000ppm), Alcon Air Optix Colours dengan Teknologi Smartshield (20.700ppm) dan Lensa Kontak Alcon Total30 untuk Pemakaian Sehari-hari (20.400ppm).

Di antara level terendah termasuk Acuvue Oasys dengan Hydraclear Plus dengan UV Blocking (113ppm) dan Alcon Dailies Total One-Day Water Gradient for Astigmatism (106ppm).

Bahan kimia juga digunakan secara luas sehingga dapat ditambahkan secara tidak sengaja ke produk di seluruh rantai pasokan.

BACA JUGA:Gas! Lowongan Kerja BUMN: PT Pertamina Gas Tbk Buka Lowongan untuk Lulusan Diploma III

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: