Salut! Peringati 90 Tahun Berkarya di Indonesia, Fransiskan Misionaris Maria Tanam 990 Bibit Mangrove di Kawasan Elang Laut

Salut! Peringati 90 Tahun Berkarya di Indonesia, Fransiskan Misionaris Maria Tanam 990 Bibit Mangrove di Kawasan Elang Laut

Selain melakukan penanaman pohon mangrove, FMM juga melakukan pelepasan terhadap ratusan burung yang telah ditangkar dan dilepas bebas di alam sekitar.

"Pelepasan burung adalah simbol penting dalam memelihara kehidupan di alam. Ucapan syukur kepada Sang Pencipta," tambahnya.

BACA JUGA:Wacana Erick Thohir Terapkan Bunga KUR 0 Persen Bagi UMKM, Sultan: Kita Harus Apresiasi

BACA JUGA:Tren Kasus Covid-19 Naik Lagi Gegara Prokes Longgar, Kemenkes Tegaskan: Pakai Masker Saat Mudik!

Kegiatan peduli lingkungan dengan menanam mangrove,  juga akan diisi dengan penyuluhan dan edukasi mengenai ekosistem mangrove dan manfaatnya serta bagaimana cara menanam mangrove yang baik.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta: Bayu Megantara yang mengatakan, bahwa apa yang dilakukan FMM merupakan sebuah bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang memang tidak dapat dipisahkan.

"Perlu disampaikan bahwa bagaimana ekologi ini tidak bisa dipisahkan untuk lingkungan kita, mangrove dan burung pipit bisa menjadi kesatuan ekologi.
Mudah-mudahan kita tetap bisa menjaga lingkungan, mulai dari kapan, mulai dari sekarang," jelas Bayu.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI tengah menggalakkan penanaman Mangrove untuk mengendalikan ancaman rob di kawasan pesisir Jakarta dan Kepulauan Seribu.

BACA JUGA:Pastikan Saldo e-Toll Anda Cukup, Inilah Tarif Tol Trans Jawa

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 51 Dibuka Hari Ini? Begini Cara Daftarnya

Penanaman Mangrove harus terus dilakukan, tidak hanya oleh Pemprov, tapi juga masyarakat dan organisasi.

Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan pembibitan dan penanaman Mangrove sebanyak 70 ribu pohon pada 2021. Hingga Juni 2022, realisasi penanaman Mangrove baru mencapai 38 ribu atau 54,28 persen.

Tumbuhan Mangrove merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai banyak benefit untuk lingkungan dan manusia sekitar, seperti menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida lebih banyak 4-5 kali dibanding dengan pohon terestrial, serta memiliki akar kokoh yang dapat meredam banjir rob, gelombang besar termasuk tsunami.

90 Tahun FMM Berkarya di Indonesia

Fransiskan Misionaris Maria (FMM) akan memperingati 90 tahun berkarya di Indonesia. Kehadiran FMM dikenal dengan melayani di bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: