Tren Kasus Covid-19 Naik Lagi Gegara Prokes Longgar, Kemenkes Tegaskan: Pakai Masker Saat Mudik!

Tren Kasus Covid-19 Naik Lagi Gegara Prokes Longgar, Kemenkes Tegaskan: Pakai Masker Saat Mudik!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Memasuki terakhir Ramadan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan adanya 944 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. 

Berdasarkan angka tersebut, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan catatan peningkatan kasus tertinggi, dengan total pertambahan sebanyak 373 kasus.  

Kemudian, diikuti Jawa Barat dengan 198 kasus, Banten 101 kasus, Jawa Timur 101, serta Jawa Tengah dengan total 54 kasus konfirmasi baru. 

BACA JUGA:Pastikan Saldo e-Toll Anda Cukup, Inilah Tarif Tol Trans Jawa

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu, selama vaksinasi COVID-19 booster terus berjalan, Indonesia masih akan aman dari ancaman lonjakan kasus COVID-19 pasca momen mudik Lebaran tahun ini. 

Di samping itu, ia menganjurkan masyarakat untuk tetap mengenakan masker ketika melakukan perjalanan, khususnya di fasilitas transportasi umum.

Kementerian Kesehatan mengumumkan Indonesia telah memiliki obat baru untuk menangani Covid-19 yang dinilai lebih efektif. 

Obat yang dimaksud adalah antivirus oral bernama nirmatrelvir/ritonavir atau Paxlovid. 

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 51 Dibuka Hari Ini? Begini Cara Daftarnya

Obat ini digunakan untuk merawat pasien Covid-19 dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang yang berpotensi menjadi berat. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyediaan obat ini merupakan upaya pemerintah untuk menjamin kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan obat.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes L. Rizka Andalusia mengatakan pengadaan Paxlovid itu merupakan hasil kerja sama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika dan pemerintah Australia. Sebanyak 24.096 dosis didonasikan untuk Indonesia.

Selain mengigatkan pakai masker Kemenkes juga telah menyiapkan obat covid-19 di 34 provinsi di Indonesia.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: