Driver Ojol Bisa Jadi Pegawai Tetap? Bos Gojek Bilang Begini: 'Fleksibilitas Ini yang Kita Tawarkan'

Driver Ojol Bisa Jadi Pegawai Tetap? Bos Gojek Bilang Begini: 'Fleksibilitas Ini yang Kita Tawarkan'

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Gojek akhirnya memberikan respon kepada para ojek online yang ingin menjadi pegawai tetap.

Kemauan menjadi pegawai tetap ojek online tersebut berdasarkan atas penelitian Mahasiswa Doktoral London School Economic (LSE) kepada hampir 1.000 pengemudi ojol di Jakarta.

Head of Region and External Affairs Gojek Gede Manggala mengatakan secara konsep Gojek menjunjung tinggi fleksibilitas.

BACA JUGA:Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Berapa Biaya Konversi Motor Listrik?

"Istilahnya bisnisnya sendiri adalah memberikan orang-orang yang mau menjadi mitra kita tanpa harus menjadi tetap. Fleksibilitas ini yang kita tawarkan," kata Gede di Blok M Rabu, 5 Maret 2023.

Terbukti dari data driver yang menjadikan pekerjaannya di Gojek hanyalah sebagai pendapatan tambahan atau kerja sampingan.

Gede menjelaskan dari total driver kendaraan roda empat, sebanyak 64% merupakan partimer. Sementara untuk driver kendaraan roda dua memiliki porsi 55%.

"Jadi yang istilahnya yang kita fokuskan ini adalah sebuah pekerjaan yang memberikan ruang fleksibilitas yang sebesar-besarnya untuk menjadi pendapatan tambahan," ujarnya.

BACA JUGA:Dituduh Tidak Rasional Menolak Timnas Israel, PDIP Justru Serang Anies Baswedan, Hasto: Urusan Sepenting Ini Diam Saja?

Bahkan bukan hanya pegawai yang mencari penghasilan tambahan lewat profesi ini, banyak mahasiswa yang juga menjadi driver Gojek sebagai pekerjaan sampingan demi. Menurutnya, hal ini sejalan dengan konsep dari bisnisnya itu.

Sebagai tambahan informasi, survei tersebut berasal dari penelitian Mahasiswa Doktoral London School Economic (LSE) Muhammad Yorga Permana. Dia melakukan penelitian pada hampir 1.000 pengemudi ojol di Jakarta.

Hasilnya adalah sebanyak dua pertiga dari peserta survei tersebut, apabila memiliki kesempatan untuk memilih, mereka ingin memilih sebagai pegawai dibandingkan harus menjadi driver ojol.

"Dua pertiga dari mereka mengungkapkan jika mereka bisa memilih, lebih memilih pekerjaan tradisional 9 sampai 5 daripada bekerja sebagai pengemudi transportasi online," bunyi penelitian tersebut.

BACA JUGA:Daftar 8 Sekolah Kedinasan yang Buka Pendaftaran 2023, Simak Cara Daftar dan Ketentuannya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: