Kenali Ciri-ciri Kanker Prostat dan Cara Mencegahnya Agar Tak Menyerang Tubuh Anda!

Kenali Ciri-ciri Kanker Prostat dan Cara Mencegahnya Agar Tak Menyerang Tubuh Anda!

Tips mencegah Kanker Prostat-Anna Tarazevich-Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kanker prostat adalah jenis kanker yang berkembang di kelenjar prostat, yaitu kelenjar kecil yang terletak di antara kandung kemih dan penis pada pria.

Kelenjar prostat berfungsi untuk menghasilkan cairan semen yang melindungi dan membantu transportasi sperma.

Kanker prostat terjadi ketika sel-sel di kelenjar prostat tumbuh secara tidak terkontrol dan membentuk massa atau tumor ganas.

BACA JUGA:Awas! Penderita Kanker Kepala dan Leher Bisa Alami Gangguan Psikiatri, Apa Benar?

Gejala kanker prostat mungkin tidak terlihat pada tahap awal, namun ketika kanker berkembang lebih lanjut, gejalanya dapat termasuk kesulitan buang air kecil, dorongan sering buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, nyeri saat ejakulasi, dan masalah disfungsi ereksi.

Faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker prostat termasuk usia, riwayat keluarga yang memiliki kanker prostat, obesitas, paparan zat kimia berbahaya, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Pengobatan untuk kanker prostat dapat meliputi pembedahan, radiasi, terapi hormon, atau pengobatan yang menggabungkan beberapa jenis pengobatan.

Konsultasi dengan dokter spesialis dapat membantu menentukan pengobatan yang terbaik sesuai dengan kondisi dan kebutuhan individu.

BACA JUGA:Hari Kanker Anak Sedunia: Simak Sejarah dan Tema Tahun Ini

Ada beberapa cara yang dapat membantu mencegah kanker prostat, antara lain:

1. Menjaga berat badan sehat: Obesitas dan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Oleh karena itu, menjaga berat badan sehat dapat membantu mencegah kanker prostat.

2. Makan makanan sehat: Makan makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein rendah lemak dapat membantu mencegah kanker prostat. Hindari makanan olahan dan makanan cepat saji yang tinggi lemak jenuh.

3. Aktif secara fisik: Olahraga secara teratur dapat membantu mencegah kanker prostat. Cobalah berjalan kaki, berlari, berenang, atau melakukan olahraga lain yang disukai setidaknya 30 menit sehari.

BACA JUGA:Viral! Teknik 'Gua Sha' ke Wajah Sebabkan Kanker Kulit

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: