Begini Cara Orang Tua Mendidik Anak Remaja tentang Hubungan Sehat di Hari Valentine

Begini Cara Orang Tua Mendidik Anak Remaja tentang Hubungan Sehat di Hari Valentine

Hari Valentine hari kasih sayang-ilustrasi cinta-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Hari Valentikne merupakan hari kasih sayang dimana beberapa orang merayakannya dengan cara memberikan hadiah orang yang disayang.

Hari tersebut banyak ditentang karena sering diidentikan dengan perbuatan negatif yang cenderung merugikan anak-anak remaja.

Oleh karena itu, peran orangtua sangat penting untuk mengarahkan perilaku anak remaja dalam menyikapi hari kasih sayang tersebut agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan yang merugikan diri sendiri.

BACA JUGA:Apes! 280 Sepatu Raib Dicuri Maling di Bekasi: 'Ya Allah Jahat Banget Manusia'

Biasanya anak remaja melupakan rasionalitas ketika sudah gila dengan dunia percintaan.

Tugas orangtua adalah untuk menjaga dan mendidik dengan cara yang baik agar anak-anak remaja dalam menyikapi rasa penasaran dan hubungan asmara yang mungkin sedang dijalaninya.

Berikut beberapa cara orang tua mendidik anak tentang menjalani hubungan dihari Valentine.

1. Cari Waktu Terbaik untuk Diskusi dari Hati ke Hati

BACA JUGA:Parah! Makassar Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai Leher Orang Dewasa

Anak-anak remaja cenderung memiliki ego dan rasa gengsi yang sangat tinggi sehingga membuatnya sulit untuk mendengarkan pesan orangtua. Oleh karena itu, Anda wajib mencari waktu terbaik untuk berbicara dengan anak remaja di rumah.

Salah satu waktu terbaik yang dapat digunakan untuk membuka obrolan dengan anak remaja adalah di meja makan atau ketika mereka sedang bersantai. Akan tetapi, Anda tidak boleh langsung melarang anak mengekspresikan rasa kasih sayang kepada orang yang sedang menjadi cinta monyetnya.

2. Mulai Obrolan dengan Menceritakan Pengalaman Pribadi Orangtua

Anda dapat memulai obrolan dengan menceritakan kisah atau pengalaman cinta monyet diri sendiri. Dengan begitu, anak akan merasa penasaran dengan kisah yang sedang diceritakan sehingga akan lebih terbuka kepada Anda.

BACA JUGA:Kacau! Berebut Lahan Parkir, Dua Ormas Bentrok di Tangerang

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: