Bakal Meriah! FIFA Izinkan Piala Dunia U-20 di Indonesia Gelar Seremonial

Bakal Meriah! FIFA Izinkan Piala Dunia U-20 di Indonesia Gelar Seremonial

Stadion Glora Bung Karno -ilustrasi-Kominfo

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia nampaknya akan meriah pada awal pembukaan. 

Pasalnya, FIFA telah memberi lampu hijau untuk mengadakan acara seremoni pembukaan dan penutupan Piala Dunia U20 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, izin seremoni pembukaan tersebut sejatinya tidak umum diadakan di negara-negara lain yang sudah lebih dulu menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20.

“Ada satu hal yang berbeda di (Piala Dunia) U-20 (Indonesia). Di beberapa negara sebelumnya, sebenarnya U-20 itu tidak ada seremonial pembukaan atau opening-nya,” kata Zainudin.

BACA JUGA:Status Hasya Attlah Resmi Dicabut, Polisi Akui Ada Kesalahan Prosedur dalam Pengusutan Kasus Kecelakaan

“Akan tetapi, khusus untuk Indonesia, (seremoni) ini, oleh Presiden FIFA diizinkan,” sambungnya.

Zainudin mengaku, pembicaraan terkait hal ini dilakukannya secara langsung dengan Gianni Infantino selaku Presiden FIFA, saat hendak menyaksikan pertandingan final Piala Dunia di Qatar beberapa waktu lalu. 

"Infantino kala itu sudah memberi sinyal persetujuan," ujarnya.

“Kita berbicaraa (saat) siang (dengan Presiden FIFA), dan (dia menyatakan) oke,” imnuhnya.

BACA JUGA:Hayoloh! Manchester City Dituduh Melanggar Aturan Keuangan Oleh Liga Premier Inggris, Hukuman Pengurangan Poin Menanti?

Sekadar informasi, upacara pembukaan dan penutupan Piala Dunia U20 rencananya bakal dihelat di Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Menpora menyatakan pihaknya bakal berupaya membatasi seremoni agar tidak semeriah yang dilakukan di Piala Dunia level senior.

Piala Dunia U-20 2023 akan dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Kompetisi sepak bola bergengsi ini akan diikuti oleh 24 negara partisipan. Walau begitu, sejauh ini baru 12 negara yang dipastikan bertanding.

Mereka adalah Indonesia selaku tuan rumah, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, dan Slovakia.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber