5 Manfaat Sunat Pada Pria untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Menular Lho!

5 Manfaat Sunat Pada Pria untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Menular Lho!

ilustrasi - operasi sunat-Anna Shvets-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sunat atau khitan adalah proses yang dilakukan untuk membuang kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis pria.

Tujuan dalam proses sunat adalah untuk membuat ujung penis terbuka sehingga mudah untuk dibersihkan dan mengurangi risiko infeksi.

Sebagaimana diketahui, dalam ajaran islam istilah sunat bersifat wajib untuk dilakukan oleh laki-laki. Di sisi kesehatan, WHO merekomendasikan untuk melakukan sunat kepada bayi laki-laki demi menjaga kesehatan mereka.

BACA JUGA:TERKUAK! Alasan Siswi SMP di Bali yang Tewas Gantung Diri ini Minta Jasadnya Dikubur Bukan Diaben, Agar....

BACA JUGA:Gisel Diisukan Putus dengan Rino Usai Kepergok Nonton Bareng Wijin, Olahraga Sendiri-sendiri Nih?

Lantas, apa saja sih manfaat sunat pada laki-laki dalam sisi kesehatan?

Dilansir dari beberapa sumber berikut beberapa manfaat sunat yang perlu diketahui.

1. Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Satu studi mengungkapkan jumlah bakteri dibawah kulup anak-anak yang tidak disunat lebih banyak dibanding anak-anak yang telah disunat. Bakteri tersebut merupakan jenis kuman yang dapat masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Berdasarkan studi di The Journal of Urology, Infeksi saluran kemih yang parah dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau bahkan sepsis (infeksi aliran darah). Bahkan penelitian lain menyebut anak laki-laki yang telah disunat mengalami penurunan tiga sampai sepuluh kali lipat dalam risiko infeksi saluran kemih.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Menular

Manfaat sunat pada pria yakni dalam mengurangi risiko penyakit menular. Pria yang disunat berisiko lebih rendah terkena infeksi menular seksual seperti HPV, herpes kelamin, sipilis, bahkan HIV/ AIDS, namun meskipun sudah disunat, pria harus tetap melakukan kegiatan seksual dengan aman.

3. Lebih Mudah Dibersihkan

Manfaat sunat yakni dapat memudahkan dalam membersihkan penis. Namun, pada anak laki-laki yang belum sunat, bagian kulup dalam yang belum dipotong harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari berbagai masalah kesehatan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: