Tak Peduli Ancaman Reshuffle, Surya Paloh Siap 'Bertarung' dengan Kubu Istana Demi Dukung Anies Jadi Capres

Tak Peduli Ancaman Reshuffle, Surya Paloh Siap 'Bertarung' dengan Kubu Istana Demi Dukung Anies Jadi Capres

Surya Paloh dan Jokowi.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pengamat politik Rocky Gerung turut menyampaikan analisisnya terkait pemanggilan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke istana belum lama ini.

Menurut Rocky, pertemuan keduanya terkait dengan pencapresan Anies Baswedan. Ia menerka bahwa saat ini Jokowi tengah panik lantaran laju Anies yang tak terbendung.

“Nggak mungkin pertemuan itu bukan tentang Anies, tentu banyak basa-basi tapi sinyalnya pasti untuk membatalkan Anies karena ini isu yang berkembang selama ini,” kata Rocky melalui kanal Youtube Rocky Gerung Official bersama Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN).

BACA JUGA:Bayang-bayang Kebingungan Surya Paloh: Pilih Menteri Nasdem Didepak Jokowi atau Cabut Dukungan Capres Anies Baswedan

Meski demikian, menurut Rocky, Surya Paloh sejauh ini belum menunjukkan tanda-tanda menarik dukungan dari Anies Baswedan.

Ia menilai, bos Metro TV itu memiliki watak yang kuat sebagai politisi, terutama menjaga komitmen terhadap sebuah pilihan. Pilihan itu, lanjut Rocky, diikuti segenap kader Partai NasDem yang mana terlihat gencar menemani Anies di berbagai kunjungan ke daerah.

“Surya Paloh punya watak yang kuat yang menganggap keinginan dia itu pasti akan diikuti oleh kehendak partainya dan kehendak partainya itu terlihat aktif. Jadi kalau kita lihat NasDem itu terlihat aktif mengusung Anies ke mana-mana,” jelasnya.

Rocky melihat, kesiapan Nasdem membersamai Anies Baswedan selama ini telah menunjukkan bahwa Surya Paloh siap untuk bertarung dengan kubu istana yang bakal pasang kandidat lain.

BACA JUGA:Surya Paloh Masih Anggap Jokowi Presiden Partai NasDem: Dia Sahabat yang Saya Harapkan

“Itu artinya Surya Paloh mau berkelahi dengan istana, kira-kira begitu,” sambung Rocky.

“Saya kira orang semacam Surya Paloh sudah keburu basah yaudah lanjutin saja, dan Surya Paloh orang yang punya prinsip sebetulnya, mungkin dia berhitung bisnisnya akan diganggu dan semacamnya ya tidak peduli lagi.

Terlebih, menurut Rocky, Nasdem akan rugi besar jika pada akhirnya kembali ke pangkuan Jokowi soal pilihan capres.

Hal ini didasarkan Rocky bahwa NasDem sudah terlanjur dinarasikan bakal “dibuang” Jokowi dari kabinet sehingga basis suara pro Jokowi telah berkurang. 

BACA JUGA:Akhirnya! AHY Masuk Nominasi Cawapres, Surya Paloh: Saya Serahkan ke Pak Anies

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: