Anies Baswedan Dibikin 'Tak Berkutik' Gegara Sodetan Kali Ciliwung Mandek 6 Tahun, Ferdinand: 'Andai Dia Tidak Bodoh-bodoh Amat'

Anies Baswedan Dibikin 'Tak Berkutik' Gegara Sodetan Kali Ciliwung Mandek 6 Tahun, Ferdinand: 'Andai Dia Tidak Bodoh-bodoh Amat'

Anies Baswedan.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Mantan Politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, ikut mengomentari berbagai pernyataan sindiran kepada Anies Baswedan soal mandeknya proyek sodetan Kali Ciliwung selama enam tahun.

Adapun munculnya gelombang sindiran itu berawal saat Presiden Jokowi melemparkan pujian kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang dianggap punya kemampuan untuk melanjutkan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur.

Pujian itu oleh sejumlah pihak diduga merupakan sindiran kepada Anies, sebab proyek tersebut memang tak sempat tersentuh saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Alhasil, momen itu pun membuat Anies Baswedan seolah 'tidak berkutik' mendapat serangan-serangan dari para pihak yang memang kurang suka pada dirinya.

BACA JUGA:Nasdem Tanggapi Sanjungan Jokowi ke Heru Budi Soal Sodetan Kali Ciliwung, Hasan Basri: Aggarannya kan dari Zaman Pak Anies!

Menurut Ferdinand, Anies Baswedan tidak punya pemahaman yang cukup sehingga ketika menjabat tidak mampu menjalankan proyek pengatasan banjir itu.

Selain itu, kata Ferdinand, bakal capres usungan Nasdem itu juga mempunyai pandangan yang berbeda dengan para ahli, di mana Anies menganggap bahwa air semestinya dialirkan atau diserap ke dalam bumi, bukan dialirkan ke laut.

"Andai saja Anies Baswedan tidak bodoh-bodoh banget selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, dan mengetahui bahwa memang semua kota di dunia ini air kotanya pasti dialirkan ke laut supaya tidak banjir, maka sodetan Ciliwung ini pasti sudah dikerjakan," ujar Ferdinand kepada wartawan, Rabu, 25 Januari 2023.

Ferdinand menilai, Anies memang tidak mengerti apa yang ingin ia kerjakan selama menjabat di Jakarta. Maka dari itu, wajar bila Presiden Jokowi memberi sindiran terkait proyek sodetan yang mandek. Sebab, ia ingin membongkar kinerja Anies.

BACA JUGA:Ditolak Massa Saat Safari ke Bandung, Anies Baswedan Serang Balik Haters Pakai Cara Tak Terduga Ini: Dia Biasanya Sopan

"Kalau Jokowi kemarin menyindir sudah mangkrak 6 tahun ya wajar lah, itu bagi saya bukan sekedar menyindir lagi tetapi bahwa Jokowi ingin menyampaikan ke publik bahwa inilah rekam jejak Anies Baswedan dalam hal kinerja," katanya.

Menurutnya, mantan menteri pendidikan itu memang tidak punya keahlian dalam bekerja. Selama menjadi Gubernur, Anies dicap tidak mampu menyelesaikan satu masalah apapun yang ada di Jakarta.

"Anies Baswedan tidak bisa bekerja, dia menjabat Gubernur 5 tahun saja tidak bisa menyelesaikan masalah Jakarta satu apapun," pungkasnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: