Kena 'Rujak' Satu Negara! Sebut Jokowi Fir'aun, Cak Nun Tiba-tiba Ngaku Kesambet: Saya Minta Maaf Kepada Semua yang Terciprat

Kena 'Rujak' Satu Negara! Sebut Jokowi Fir'aun, Cak Nun Tiba-tiba Ngaku Kesambet: Saya Minta Maaf Kepada Semua yang Terciprat

Cak Nun.-Foto: Instagram @caknundotcom-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun dikecam habis-habisan akibat pernyataannya yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Fir'aun. 

Banyak pihak, terutama pendukung Jokowi, yang menilai julukan tersebut tidak pantas apalagi diucapkan oleh seorang tokoh muslim sepertinya.

Menyadari banyak pihak yang tersinggung juga serangan komentar negatif, Cak Nun pun segera buka suara. Melalui channel YouTube CakNun.com, ia mengaku seperti kerasukan setan (kesambet) saat melontarkan pernyataan kontroversial tersebut.

BACA JUGA:Nasib Cak Nun Usai Koar-koar Bilang Jokowi Fir'aun: 'Saya Disidang, Dihajar, Digoblok-gobloke'

"Di pelajaran pertama saya sendiri yang kesambet itu tolong anda pahami sebagai bagian dari hidup. Jangan mengucapkan apa yang tidak harus diucapkan, harus bijaksana," lanjutnya.

Menurut Cak Nun, ia seolah telah melanggar ucapannya sendiri bahwa tidak semua yang dianggapnya benar dan diyakininya harus diucapkan.

"Saya mengajarkan jangan ngomong siapa, tapi apa. Saya sendiri melanggar gitu, jadi akhirnya saya minta maaf sama keluarga sama termasuk Sabrang, saya melakukan apa yang saya sendiri mengajarkan untuk tidak dilakukan," kata Cak Nun.

Cak Nun mengaku menyesal sekaligus mengamini bahwa apa yang dilakukannya memang tidak bijaksana. Ia juga merasa lalai untuk mempertimbangkan efek ucapannya di kemudian hari.

BACA JUGA:Devano Danendra Nyaris Bunuh Diri, Nama Naura Ayu Ikut Terseret: Dia Suka Nggak Tahan Komentar Orang

Atas hal itu, budayawan ini pun meminta maaf kepada Allah, sekaligus pihak-pihak yang merasa tersinggung akibat ucapannya.

"Saya nggak ada masalah, saya kan punya anak-anak dan keluarga yang mencintai saya sehingga mengontrol saya dan saya pertama saya mohon ampun kepada Allah SWT. Saya mohon pertolongan kepada Allah. Dan saya minta maaf kepada semua yang terciprat menjadi tidak enak atau menjadi menderita atau menjadi apapun oleh ucapan saya itu gitu ya," katanya.

Diketahui sebelumnya, Cak Nun dengan lantang menyebut Jokowi sebagai Fir'aun saat memberikan ceramah di Kajian Maiyah.

Budayawan ini juga membandingkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bak Haman.

BACA JUGA:Jerit Tangis Ibu Brigadir J Usai Dengar Putri Candrawathi Hanya Dituntut 8 Tahun Penjara: 'Tolong Kami...'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: youtube caknun.com