Jangan Pernah Makan Ciki Ngebul, Jaga Nyawa Anak Anda Sedini Mungkin!

Jangan Pernah Makan Ciki Ngebul, Jaga Nyawa Anak Anda Sedini Mungkin!

Ciki Ngebul Ini Berbahaya Untuk Dikonsumsi, Ada Nitrogen Cairnya! --https://www.google.com/amp/s/www.liputan6.com/amp/5181313/kuliner-lokal-disorot-media-asing-ciki-ngebul-nitrogen

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Suka jajanan ciki ngebul? Ciki yang warna warni dan ada sensasi dingin saat masuk mulut, serta bisa mengeluarkan asap. Ciki ini berbahaya loh! 

Apa sih yang membuat ciki ngebul menjadi sangat berbahaya? 

Kementerian kesehatan RI membagikan sejumlah informasi mengenai ciki ngebul ini lewat akun instagramnya. 

BACA JUGA:Ciki Ngebul Bikin Anak Keracunan, Kemenkes Tegas: Snacknya Nggak Bahaya, Tapi..

Makanan ini dinilai berbahaya karena terdapat kandungan Nitrogen Cair dimana ketika langsung bersentuhan dengan organ tubuh menyebabkan radang dingin, luka bakar atau cold burn pada jaringan kulit, tenggorokan terasa seperti terbakar, bahkan dapat terjadi kerusakan internal organ akibat suhu yang teramat dingin menghirup uap asap nitrogen dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang cukup parah. 

Sudah banyak korban keracunan berjatuhan setelah mengkonsumsi ciki ngebul ini. Sensasinya membuat anak senang. 

Dilaporkan bahwa Juli 2022 di desa Ngasinan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo terdapat satu korban. 

19 November 2022 Kabupaten Tasikmalaya melaporkan telah terjadi KLB keracunan pangan dengan jumlah kasus 7 orang. 

BACA JUGA:Revaldo Akan Jalani Masa Rehabilitasi selama 12 Bulan

21 Desember 2022 UGD Rumah sakit Haji Jakarta melaporkan menerima pasien anak laki-laki berumur 4 dan 2 tahun saat ini sudah diizinkan pulang setelah penanganan. 

12 Januari 2023 di Jember terdapat 1 kasus pada anak usia 6 tahun. 

Berdasarkan surat edaran nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji, Kemenkes meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul yang banyak dijual. 

Dikutip dari akun instagram Kemenkes RI cairan nitrogen jernih, tidak berwarna dan tidak berbau sehingga tidak mengubah rasa jika digunakan untuk makanan. 

BACA JUGA:Akhirnya Terungkap! Tidak Ada Pelecehan, Jaksa Sebut Putri Candrawathi Selingkuh dengan Brigadir J: Terindikasi Bohong

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: