Ini Negara yang Rayakan Tahun Baru Paling Terakhir di Dunia

Ini Negara yang Rayakan Tahun Baru Paling Terakhir di Dunia

Negara yang Tahun Barunya Paling Terakhir di Dunia---TimesofIndia

Beberapa negara memiliki lebih dari satu zona waktu karena ukurannya yang besar atau karena terletak di wilayah yang luas. Misalnya, Rusia memiliki 11 zona waktu berbeda.

Tahun baru di dunia diperingati pada tanggal 1 Januari, dan tanggal ini diperingati secara universal.

Namun, beberapa negara di dunia memiliki hari libur yang berbeda-beda untuk merayakan tahun baru.

Beberapa negara yang terletak di wilayah timur dari Garis Internasional Waktu diperkirakan merayakan tahun baru terakhir karena mereka berada di zona waktu yang lebih lama daripada zona waktu di negara-negara lain.

BACA JUGA:Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Sebagai contoh, negara-negara seperti Kiribati, Samoa, dan Fiji diperkirakan merayakan tahun baru terakhir karena mereka terletak di wilayah yang lebih timur dari Garis Internasional Waktu.

NEGARA TERAKHIR YANG MERAYAKAN TAHUN BARU

Negara terakhir yang merayakan tahun baru paling terakhir adalah pulau Niue dan Samoa Amerika di barat daya Kiribati di Pasifik Selatan.

Hari itu secara teknis berakhir satu jam kemudian di wilayah AS Pulau Baker dan Pulau Howland, tetapi keduanya tidak berpenghuni, kata Eggert.

BACA JUGA:Semarang Terendam Banjir, Ketinggian Air Hingga Selutut Orang Dewasa

BACA JUGA:Ganjar Blak-blakan soal Dana Baznas buat Kader PDIP: Saya yang Perintahkan untuk Ditarik!

Juga di dekatnya, Samoa (beda dengan Samoa Amerika) pernah menjadi salah satu negara terakhir yang berdering di Tahun Baru hingga 2011.

Ketika negara tersebut memutuskan untuk mengubah zona waktu agar selaras dengan mitra dagangnya Australia dan Selandia Baru.

Dengan perubahan itu, Samoa melompati garis penanggalan internasional untuk menjadi salah satu negara pertama yang merayakannya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: