Berbeda Pendapat, DPR Akan Panggil BRIN dan BMKG Demi Sinkronkan Data Soal Cuaca Ekstrem

Berbeda Pendapat, DPR Akan Panggil BRIN dan BMKG Demi Sinkronkan Data Soal Cuaca Ekstrem

Sufmi Dasco akan panggil BRIN dan BMKG-@sufmi_dasco-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menanggapi perbedaan informasi yang diberitahukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai badai dahsyat di wilayah Jabodetabek.

Selain itu Dasco juga mengatakan akan memanggil pihak BMKG dan BRIN untuk meminta penjelasan.

Dasco menilai baik BRIN maupun BMKG memiliki tujuan yang sama yakni mengingatkan masyarakat untuk menghadapi cuaca ekstrem yang akan terjadi.

BACA JUGA:Sistem Tarif KRL Bakal Diubah, Kemenhub: Ada Skema Subsidi Tepat Guna, Maksudnya?

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem 28 Desember 2022, Kemenhub Minta Angkutan Laut Jangan Memaksa Operasi

“Semangat BRIN dan BMKG sama-sama mengingatkan masyarakat tentang perlunya kehati-hatian menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 28 sampai 30 Desember,” kata Dasco pada Rabu, 28 Desember 2022.

Namun dengan pemberitaan yang berbeda dari BRIN dan BMKG maka DPR RI akan memanggil kedua lembaga tersebut untuk menyinkronkan agar terintegrasi.

“Kami akan minta komisi teknis yang membawahi BRIN dan BMKG untuk memanggil dan menyinkronkan kedua lembaga ini, agar bisa saling melakukan integrasi data sebelum kemudian melemparkan ke masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, kesamaan pendapat dari kedua lembaga sangat diperlukan agar tidak menyebabkan kekhawatiran oleh masyarakat.

BACA JUGA:BMKG Minta Penerbangan Waspada, Akan Ada Awan Cumulonimbus 7 Hari Kedepan!

"Sehingga masyarakat tidak tambah was-was karena pernyataan yang mirip tapi agak beda,” kataDasco.

Kendati demikian, Dasco mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas keluar rumah karena cuaca yang sedang buruk dalam beberapa hari ke depan.

"Apabila memang terpaksa ke luar rumah, agar berhati-hati dan beraktivitas seperlunya. Dan hindari daerah-daerah yang dinyatakan rawan untuk adanya banjir dan sebagainya," tutur Dasco.

Sebelumnya diberitakan, Ahli Klimatologi pada Pusat Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin mengimbau masyarakat Jabodetabek untuk waspada terhadap ancaman badai besar pada Rabu, 28 Desember 2022.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: